Home News AMD Ryzen 7 vs Intel Core i7, Bagus Mana? (Live Benchmark)

AMD Ryzen 7 vs Intel Core i7, Bagus Mana? (Live Benchmark)

Inilah Daftar Seri, Harga, dan Spesifikasi AMD Ryzen 7 Terbaru

Siapa yang lebih unggul dalam hal performa, AMD Ryzen atau Intel Core?

Kalau dari harganya, sudah jelas bahwa AMD Ryzen unggul karena lebih murah daripada seri Intel Core. Tetapi bagaimana dengan performa? (Baca juga: Inilah Daftar Seri, Harga, dan Spesifikasi AMD Ryzen 7 Terbaru)

Well..karena berstatus masih pre-order, memang masih belum ada benchmark independen yang membandingkan AMD Ryzen 7 vs Intel Core i7 secara langsung. Tetapi di event AMD saat pengenalan prosesor Ryzen, mereka memajang beberapa benchmark perbandingan AMD Ryzen 7 vs Intel Core i7.

Tentu karena benchmark ini di event AMD, maka berbagai perbandingan benchmark ini memang bisa dianggap berat sebelah. Tetapi sebagai sekedar insight tentang siapa yang unggul diantara AMD Ryzen 7 vs Intel Core i7, live benchmark ini bisa dijadikan acuan awal.

 

Benchmark 1: Battlefield 1 di Layar 4K

Saat digunakan untuk menjalankan Battelfield 1 di layar 4K dengan GPU dual Titan X (Pascal), AMD Ryzen 7 1800X unggul dari Intel Core i7-6800K.


Di perbandingan ini AMD Ryzen 7 1800X sudah menggunakan 8-core dengan harga $499, sedangkan Intel Core i7-6800K masih 6-core dengan harga sedikit lebih murah yaitu $440. Intel Core i7 “Coffee Lake” lah yang sepertinya lebih pantas untuk disejajarkan dengan Ryzen 7 ini, namun memang masih akan dirilis akhir tahun ini dengan harga yang masih diatas AMD Ryzen 7.

 

Benchmark 2: Sniper Elite 4

Kali ini perbandingan dilakukan dengan menjalankan game Sniper Elite 4, dengan GPU Radeon RX 480 di CrossFire. Prosesor yang dibandingkan adalah AMD Ryzen 7 1800X vs Intel Core i7-6900K. Di benchmark kali ini Ryzen juga Lebih unggul dari Intel.

 

Benchmark 3: Streaming OBS

Di benchmark ini yang dibandingkan adalah prosesor kelas entry yaitu AMD Ryzen 7 1700 vs Intel Core i7-7700K untuk keperluan streaming dengan OBS. Disini game Dota 2 di-streaming dari OBS ke Twitch, dan hasilnya AMD Ryzen 7 1700 lebih unggul dengan hasil kualitas streaming yang lebih tinggi pada bitrate lebih rendah. Beberapa kali juga terlihat frame yang nge-drop di prosesor Intel.

 

Benchmark 4: Proses Berat

Benchmark selanjutnya adalah menguji prosesor AMD Ryzen 7 1700X vs Intel Core i7-6800K saat menjalankan proses berat berturut-turut. Pertama menjalankan Blender untuk 3D rendering, dilanjut dengan HandBrake untuk video encoding. Disini AMD Ryzen 7 1700X juga bisa lebih cepat menyelesaikan rentetan tugas berat tersebut dengan hanya 92 detik, dibandingkan Intel Core i7-6800K yang membutuhkan waktu sampai 112.3 detik.

 

Benchmark 5: Excel Kompleks

Banyak yang mengira bahwa Excel tidak terlalu memerlukan prosesor kencang. Namun jika spreadsheet yang dikerjakan sangat kompleks, maka performa CPU juga sangat diperlukan. Di benchmark ini diuji performa AMD Ryzen 7 1700 vs Intel Core i7-7700K untuk menjalankan script macro Excel yang memproses banyak sekali chart berbeda. Hasilnya AMD Ryzen 7 1700 mampu menyelesaikannya dalam 23 detik, sedangkan Intel Core i7-7700K memerlukan waktu hingga 27 detik.

 

Tidak mengejutkan bahwa AMD Ryzen 7 yang memang lebih baru dibanding seri Intel Core i7 generasi ke-7 menang telak di hampir semua benchmark yang dilakukan. Tetapi perlu diingat ini adalah benchmark yang dipajang AMD di event Ryzen itu sendiri. Tentu bakal lebih menarik untuk menunggu berbagai benchmark independen untuk melihat perbandingan antara performa antara AMD Ryzen vs Intel Core i7.

Tak ingin berlama-lama dilibas rivalnya, Intel juga sudah menyiapkan seri Intel Generasi 8 “Coffee Lake” yang tentunya memiliki performa lebih kencang dari Generasi 7 saat ini dan bakal menjadi lawan yang lebih seimbang bagi AMD Ryzen 7. (Baca: Prosesor Intel Generasi 8 “Coffee Lake” Dirilis Akhir Tahun Ini)

Harus diakui, rivalitas AMD vs Intel di ranah prosesor PC memang seolah tak ada habisnya.

via pcgamer

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.