Apa Itu Black Friday, Kapan Berlangsungnya, dan Apa Manfaatnya Buat Kita

Jika di Indonesia ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang puncaknya biasanya jatuh pada 12.12 alias 12 Desember, di luar juga ada hari belanja dimana merchant dan toko online rata-rata memberikan diskon besar-besaran, yaitu Black Friday.

Seiring dengan semakin dekatnya kita dengan momen Black Friday 2018, berita mengenainya memang semakin bertebaran di website atau toko online luar. Mulai kemarin ada banyak banget pertanyaan yang masuk tentang apa itu Black Friday, kapan Black Friday berlangsung, dan apa manfaat Black Friday itu. Untuk itu berikut video penjelasan tentang apa itu Black Friday — serta beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang Black Friday.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

 

Apa itu Black Friday?

Bagi kamu yang belum tahu, Black Friday sebenarnya merupakan hari setelah hari Thanksgiving di US. Thanksgiving sendiri jatuh pada hari kamis di minggu keempat bulan November setiap tahunnya. Jadi untuk tahun 2018 ini, Thanksgiving jatuh pada hari Kamis, 22 November 2018 waktu setempat.

 

Kapan Black Friday Berlangsung?

Sesuai dengan penjelasan diatas, Black Friday terjadi satu hari setelah Thanksgiving, yaitu setiap hari Jumat di minggu keempat bulan November setiap tahunnya. Di 2018 ini Black Friday akan berlangsung pada hari Jumat, 23 November 2018.

 

Apa Manfaat Black Friday?

Bagi kita yang ada di Indonesia, momen Black Friday ini bisa kita manfaatkan untuk belanja dari toko online luar negeri dengan harga miring. Meskipun berasal dari US, tetapi mayorits toko online luar yang berasal dari berbagai negara turut memberikan diskon besar di momen Black Friday ini. Dan diskon ini tidak hanya berlaku untuk barang saja, tetapi aplikasi premium dan berbagai layanan online juga sering mendapatkan diskon di hari Black Friday.

Saya sendiri selalu memanfaatkan momen Black Friday untuk membeli domain, berlangganan server, membeli aplikasi, software, atau layanan yang memang saya inginkan dan sudah saya incar beberapa waktu sebelumnya.

Hal ini karena saat Black Friday, harga berbagai macam produk dan layanan di luar negeri banyak yang turun drastis. Domain misalnya, jika di hari biasa saya harus membelinya seharga $10 lebih, saat Black Friday bisa saya dapatkan dengan harga hanya $5 saja. Lumayan..hehe.

Hal yang sama juga berlaku untuk banyak produk lainnya, mulai dari produk fisik maupun produk digital.

 

Black Friday vs Harbolnas

Sebenarnya dari sisi konsumen keduanya sama saja, yaitu momen dimana kita bisa mendapatkan barang / aplikasi / layanan dengan harga lebih murah dari harga normal. Bedanya jika Black Friday banyak dilakukan oleh merchant dan toko online luar negeri, Harbolnas banyak dilakukan oleh toko online lokal di Indonesia.

Keduanya merupakan momen dimana kamu bisa membeli produk, aplikasi premium, dan layanan incaran kamu.

Tetapi satu hal, pastikan kamu selektif dan melakukan perbandingan harga dulu sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini untuk menghindari diskon abal-abal, dimana penjual terkadang melakukan markup harga sebelum diskon, sehingga harga barang sesudah diskon seringkali sama saja (atau bahkan lebih mahal) daripada harga normalnya.

Jadi sudah paham kan arti dari Black Friday? Semoga informasi ini menjawab pertanyaan kamu yang masih bingung dengan apa itu Black Friday dan kapan Black Friday berlangsung.