Setelah melakukan upgrade versi Windows 10, kamu mungkin akan menemukan sebuah folder tersembunyi $WinREAgent yang berada di Locak Disk C, sebagian orang terutama yang selalu paranoid akan masalah malware dan masalah keamanan lainnya tentu akan bertanya tanya, apa sih fungsi dari folder tersebut? apakah aman untuk dihapus?.

Nah bersamaan dengan pertanyaan tersebut dan bersamaan juga dengan rasa penasaran saya, pada kesempatan kali ini WinPoin akan menjelaskan secara singkat mengenai Apa Itu Folder $WinREAgent yang biasanya pengguna temukan setelah perangkat selesai melakukan Upgrade Windows 10.

Folder $WinREAgent adalah

Secara umum, folder $WinREAgent adalah sebuah folder yang dibuat selama proses update atau upgrade system, dan biasanya berisi file temporary yang digunakan seandainya diperlukan oleh system untuk melakukan rollback jika proses update atau upgrade yang dilakukan ternyata mengalami sebuah masalah.

Secara teknis, bisa dibilang folder $WinREAgent ini memiliki peranan penting, dimana ketika misalkan update atau upgrade mengalami kegagalan, system akan melakukan rollback ke versi sebelum proses update atau upgrade tersebut dijalankan dengan cara mengembalikan file temporary yang telah dibuat sebelumnya.

Apakah aman untuk menghapus folder $WinREAgent?

Berdasarkan pengamatan, pada dasarnya folder $WinREAgent ini akan terhapus dalam waktu 10 hari setelah pengguna menyelesaikan proses upgrade system Windows 10, dan jika proses update atau upgrade telah selesai dengan kata lain pengguna sudah masuk ke system operasi dengan nomor build terbaru sama seperti apa yang ditawarkan update yang telah terpasang, maka pengguna dapat menghapus folder $WinREAgent tanpa adanya masalah.

Terlebih biasanya setelah proses update selesai, folder $WinREAgent akan memiliki sebuah folder Scratch kosong dengan tanpa adanya data apapun didalamnya.

Hadir juga dengan Windows 10 Update Assistant

Jika kamu mendownload dan memasang Windows 10 Update Assistant pada perangkat Windows 10 kamu, biasanya folder $WinREAgent juga akan hadir untuk menyimpan file dan folder sesuai fungsinya.

Dan setelah proses update selesai, sama seperti yang telah disebutkan diatas, biasanya isi dari $WinREAgent akan terhapus setelah update system selesaikan.

Untuk menghapus $WinREAgent jika kamu memasang Windows 10 Update Assistant, ada baiknya kamu menghapus terlebih dahulu Windows 10 Update Assistant lalu menghapus folder $WinREAgent secara manual.

Kesimpulan

Nah berdasarkan penjabaran diatas, umumnya jika kamu sudah selesai melakukan upgrade baik melalui Windows Update atau Update Assistant, folder $WinREAgent sudah dapat kamu hapus dengan aman.

Namun jika kamu belum selesai melakukan dan menyelesaikan proses upgrade, didalam folder $WinREAgent tersebut akan berisi berbagai file penting untuk mendukung proses update yang dilakukan jadi selama proses update belum selesai, ada baiknya kamu membiarkan folder tersebut berada ditempatnya.

Nah semoga artikel ini memenuhi rasa penasaran kamu, semoga bermanfaat.

Referensi : Kapilarya, Windowsboy, TheWindowsClub, MajorGreeks

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.