Skema langganan dan pembelian software Microsoft Office sering membingungkan orang awam. Banyak yang menanyakan kepada saya, jika kita membeli langganan Office 365, apakah kita akan mendapatkan software yang sama dengan yang biasa dijual seperti Office 2013, Office 2016, atau Office 2019? Apakah kita akan mendapatkan versi desktop atau hanya versi ‘lite’ saja dari Microsoft Office? Bagaimana cara downloadnya? Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.

Aplikasi Klien Desktop Tradisional yang Bisa Kamu Download

HOT: Cara Mendapatkan Office 365 Education Gratis

Office 365 memberikan kamu akses ke aplikasi desktop yang sudah akrab dengan kamu. Dengan langganan Office 365, kamu diizinkan untuk menginstal aplikasi desktop di beberapa komputer, baik Windows maupun macOS.

Dengan langganan Office 365, kamu akan mendapatkan aplikasi berikut ini jika download suite Office standar di web Office 365.

  • Outlook: Klien email andal dari Microsoft
  • Word: Aplikasi word processing (tentu saja kamu tahu aplikasi ini)
  • Excel: Untuk spreadsheets dan analisis data
  • PowerPoint: Untuk presentasi slide
  • OneDrive: Meskipun OneDrive gratis, langganan Office 365 menyertakan tambahan storage untuk kamu sebesar 1 TB
  • OneNote: Aplikasi pencatatan gratis yang sebetulnya sudah kamu peroleh bersama aplikasi bawaan Windows 10 lain
  • Skype: Untuk telepon dan video dengan sistem VOIP
  • Publisher: Aplikasi penerbitan desktop sederhana
  • Access: Untuk pembuatan database sederhana

Saya yakin kamu sudah mengenal aplikasi-aplikasi di atas karena kesemuanya sangat populer.

 

Aplikasi Web yang Dapat Kamu Akses

Jika kamu baru menggunakan Office 365, kamu mungkin merasa bingung melihat aplikasi web yang hadir bersama langganan kamu. Beberapa di antaranya gratis, tapi beberapa di antaranya memerlukan langganan.

Namun, meskipun ada versi gratis, ini tidak sama kerjanya dengan yang berada di langganan Office 365. Meskipun fungsinya sama, namun Office 365 di web lebih imersif dan mengikat sehingga menyederhanakan proses sinkronisasi.

Web app ini juga menggunakan OneDrive untuk penyimpanannya, berarti bahwa semua yang kamu buat atau edit secara otomatis disimpan di OneDrive. Ini berarti kamu dapat menggunakan Office 365 di mana saja, asalkan ada browser sehingga kamu dapat mengakses file kamu di OneDrive. Ketika kembali ke komputer kamu, maka semua file yang dibuat atau diedit akan disinrkonkan ke OneDrive.

Saat kamu mengakses Office 365 online, semua aplikasi akan tersedia dari app launcher. Kamu cukup mengklik tombol dengan sembilan titik di sudut kiri atas aplikasi online Office 365.

Bergantung aplikasi mana yang kamu gunakan, kamu bisa melihat daftar aplikasi.

  • Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote: Ini adalah versi online dari aplikasi desktop yang sering kita jumpai. Fiturnya cukup lengkap, meskipun tidak selengkap desktop.
  • Outlook: Versi online Outlook sebenarnya adalah Outlook.com, dan memang ini sangat berbeda dari versi desktopnya. Uniknya, fungsi People, Calendar, dan Tasks di klien desktop dipisahkan menjadi beberapa aplikasi online terpisah.
  • People: Ini adalah pengelola daftar kontak yang merupakan bagian dari Outlook di aplikasi klien, juga aplikasi online terpisah.
  • Calendar: Fungsi Calendar juga merupakan bagian dari aplikasi klien untuk Outlook.
  • Tasks: Fungsi Tasks merupakan bagian Outlook di aplikasi klien, juga merupakan aplikasi online terpisah.
  • Sway: Aplikasi presentasi yang hanya dapat diakses online, dirancang sebagai aplikasi story-telling yang mirip seperti blog, namun bisa kamu tampilkan sebagai slide
  • Skype: Ini adalah aplikasi telepon suara dan video yang hadir sebagai bawaan Windows 10. Ada versi desktop yang bisa diunduh, yang mana memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan versi bawaannya.
  • Flow: Sebuah sistem workflow yang bisa dipicu untuk saling berangkaian. Hanya tersedia jika kamu memiliki langganan Office 365 atau langganan Flow tersendiri.
  • Forms: Bisa membuat survei, kuis, polling, dan kuisioner secara mudah dan cepat. Hanya tersedia jika kamu membeli langganan Office 365.
  • Bing: Tautan ke mesin pencari populer Microsoft dalam sebuah tab baru.
  • MSN: Ini merupakan portal kumpulan berita dari Microsoft. Sepertinya tidak banyak yang menyukainya.
  • Office: Tautan ke halaman beranda Office tempat kamu dapat membuka aplikasi lainnya untuk melihat dan mengedit file.

Jika kamu mengaitkan langganan Office 365 dengan sebuah domain (yang berarti bahwa kamu membeli fungsi email untuk domain yang kamu miliki), maka kamu juga akan mendapatkan tile Admin yang memungkinkan kamu mengelola pengguna, grup, keamanan, dan kepatuhan terhadap ketentuan layanan, serta banyak hal lagi.

Nah, itulah berbagai hal yang kamu dapatkan jika berlangganan Office 365. Intinya, sebenarnya ada beberapa layanan yang bisa kamu akses gratis, tidak memerlukan langganan, hanya butuh ID Microsoft (yang bisa kamu peroleh dengan mendaftar di Outlook). Namun jika kamu ingin menikmati fungsi lebih lengkap dari aneka layanan Microsoft, maka kamu bisa berlangganan Office 365!

 

 

Sumber: HowtoGeek

  Misteri Fitur Baru MIUI 11 Sudah Terungkap  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.