Ini hal yang remeh temeh, tapi untuk pengguna Windows sejak era Windows 3.1, maka Windows Media Player merupakan bagian pengalaman yang tidak terpisahkan dari Windows. Nah, di era Windows 10 ini, mungkin beberapa di antara kamu terkejut karena tidak lagi menemukan Windows Media Player!

 

Ke Mana Hilangnya Windows Media Player?

Di Windows 10, Windows Media Player telah menjadi optional feature alias Fitur Opsional untuk sebagian besar versi Windows 10. Microsoft bahkan menonaktifkannya secara default, sehingga kamu tidak akan mendapatkan Windows Media Player lagi sebagai bagian dari pengalaman default Windows terbaru.

Penyebabnya adalah: European Commission memerintahkan Microsoft tidak lagi mempraktikkan pra-instal software di OS mereka yang akan menjadikan persaingan makin berat bagi produsen software lain. Itulah sebabnya Microsoft mengecualikan Windows Media Player dari sistem Windows 10. Namun, tentu saja kamu bisa mendapatkan Windows Media Player ini jika menginginkannya.

 

Cara Mendapatkan Windows Media Player 12 untuk Windows 10 N dan NK

Caranya sangat mudah, kamu perlu download Media Feature Pack for N and KN version of Windows 10 dari Microsoft Download Center. Tapi bagaimana memilih paket yang benar?

Terlebih dahulu, kamu perlu mengetahui apakah Windows 10 yang kamu gunakan saat ini adalah versi 32 bit atau versi 64 bit. Alasannya, kamu perlu menginstal software tambahan jika saat ini menggunakan Windows 10 32-bit. Bagaimana cara mengetahui versi Windows kamu? Gampang, cukup tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan dxdiag, lalu klik OK. Ini akan membuka DirectX Diagnostic Tool. Lihat pada baris Operating System, lalu periksa apakah di situ terbaca 32-bit atau 64-bit.

Jika kamu menjalankan Windows 10 32-bit, maka kamu perlu mencentang Microsoft-Windows-MediaFeaturePack-OOB-Package.msu. Jika kamu menjalankan 64-bit, maka kamu perlu memilih file lainnya. Setelah mencentang ini, klik Next. Maka kamu akan diarahkan untuk membuka  Open with Windows Update Standalone Installer (default). Setelah memilih ini, klik OK untuk memulai penginstalan.

Selanjutnya kamu tinggal mengikuti wizard sampai proses penginstalan rampung, dan kamu akan dapat menggunakan aplikasi Windows Media Player versi 12 ini.

 

Cara Mendapatkan Windows Media Player 12 untuk Windows 10 Home dan Pro

Windows Media Player disertakan sebagai fitur opsional untuk versi Windows 10 ini. Kamu hanya perlu mengaktifkannya.

Untuk melakukannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings atau Pengaturan, kemudian klik Apps > Manage optional features > Add a feature.

Gulir ke bawah untuk mencari fitur Windows Media Player, lalu klik Install untuk menginstalnya di perangkat kamu.


Nah, demikianlah cara menginstal Windows Media Player di Windows 10, jika kamu terlalu menggemari software ini, namun tidak dapat menemukannya di Windows 10 milikmu.

  Misteri Fitur Baru MIUI 11 Sudah Terungkap  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.