Kabar terbaru mengatakan bahwa Adobe berencana untuk menghentikan Adobe Shockwave, platform berbasis browser untuk permainan dan aplikasi interaktif, pada 9 April 2019 mendatang.

Shockwave Player Akan Dipensiunkan Pada 9 April 2019!

Adobe akan menghapus unduhan untuk Shockwave Player untuk Windows pada hari tesebut dari situs Internet dan servernya. Namun Adobe mencatat bahwa pelanggan Enterprise akan terus menerima dukungan untuk Adobe Shockwave hingga kontrak berakhir.

Adobe menyatakan bahwa munculnya teknologi alternatif adalah alasan utama untuk penghentian produk ini.

Seiring perkembangan teknologi dan penggunaan perangkat seluler, konten interaktif telah berpindah ke platform seperti HTML5 Canvas dan Web GL dan penggunaan Shockwave telah menurun.

Perlu diketahui Shockwave adalah format umum untuk proyek berbasis CD-ROM dan sebagai format untuk video game yang diterbitkan pembuat game di situs game online. Selain itu Munculnya Adobe Flash menempatkan Shockwave di backburner berkat dukungan untuk fitur yang tidak didukung Shockwave. Adobe telah menghentikan Adobe Director dan Adobe Shockwave Player untuk Mac OS pada tahun 2017. Versi Windows dari Shockwave Player adalah versi konsumen terbaru dari Shockwave yang masih didukung oleh Adobe. Pensiunnya Shockware pada bulan April 2019 mengakhiri dukungan untuk semua versi konsumen.

Akhir dukungan tidak berarti bahwa konten Shockwave tidak akan berfungsi lagi setelah tanggal tersebut. Shockwave tidak akan ditawarkan untuk diunduh lagi oleh Adobe, tetapi instalasi yang ada masih dapat digunakan untuk memutar konten Shockwave.

Adobe tidak akan mendukung Shockwave lagi mulai 9 April 2019 dengan pengecualian lisensi Perusahaan yang mungkin masih berlaku. Selain itu meski Adobe memutuskan untuk menghentikan dukungan Adobe Shockwave ini, kamu masih bisa mendownloadnya di situs pihak ketiga.

Perlu diketahui juga bahwa Adobe berencana untuk pensiunkan Flash pada bulan Desember 2020. Semua pembuat browser mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk Adobe Flash pada tahun 2020 juga.

Berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Sumber : Adobe

  Redmi 7 Sudah Resmi!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.