Mungkin tidak semua diantara kamu mengenal travel adapter, padahal aksesoris ini cukup praktis bagi para penggemar gadget yang suka travelling. Buat kamu yang penasaran apa itu travel adapter dan apa manfaatnya, langsung aja tonton video ini.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Jadi alasan dibalik munculnya travel adapter ini adalah karena adanya perbedaan standar dari desain steker atau colokan listrik di beberapa negara.

Misalnya di Indonesia ini sama kayak di negara-negara eropa dan beberapa negara lainnya, menggunakan colokan dua seperti ini. Kemudian di UK, Hongkong, Singapura, dll menggunakan desain colokan yang beda lagi seperti ini. Dan di US, kanada, beda lagi, australia juga beda lagi. Intinya ada banyak perbedaan standar desain steker.

Nah tentu aja ini bikin bingung ya terutama buat orang yang suka traveling atau punya mobilitas yang tinggi antar negara. Karena perangkat dengan desain colokan tertentu dari satu negara, tentu gak bisa masuk ke soket yang desainnya beda di negara lainnya. Karena itulah akhirnya muncul sebuah travel adapter.

Salah satu contoh travel adapter adalah Sniper PowerBoom Power Adapter. Bisa kamu lihat dalam satu bentuk yang ringkas, power adapter ini memiliki empat desain steker yang kompatibel dengan socket di banyak negara. Misalnya kamu dorong aja keatas panel Europe ini, maka bakal keluar desain colokan standar eropa, sama seperti yang kita pakai juga di indonesia. Kemudian kalo kuncinya kamu tekan dan kamu balikkan lagi, maka kamu bisa mengeluarkan colokan standar UK, sama seperti yang dipakai juga di singapura, hongkong, dll. Lalu kalo kamu kembalikan lagi dan keluarkan yang ketiga, ini bakal mengeluarkan standar colokan US, sama seperti yang dipake di Jepang juga. Dan ini kalo kamu tekuk sedikit kesamping, bakal sesuai dengan standar colokan di australia, china, dan beberapa negara lainnya.

Jadi inti dari manfaat travel adapter adalah memudahkan buat yang suka travel, supaya tidak repot dengan perbedaan standar steker dan soket di berbagai negara.

Power adapter selain dilengkapi dengan banyak tipe colokan, soket di bagian atasnya ini juga berdesain universal, jadi bisa dimasukin berbagai jenis colokan standar berbagai negara. Kamu bisa masukkan standar UK, standar Europe, dsb.

Kemudian untuk Sniper PowerBoom juga punya port USB Type-C, serta dua port USB untuk charging langsung. Jadi selain berfungsi sebagai travel adapter, juga berfungsi sebagai charger juga. Dan meskipun aman tapi untuk alasan safety travel adapter ini juga ditambahkan fuse ya disini, dan ada cadagannya juga, jadi kalo terjadi overload listrik dia bakal otomatis putus.

Jadi kesimpulannya, travel adapter dibuat secara praktis dan portabel untuk memudahkan kita saat traveling ke berbagai negara dengan standar soket yang berbeda-beda.

Dan biasanya untuk traveling, travel adapter seperti ini juga diduetkan dengan powerbank. Jadi kalo di dalam ruangan kita bisa pake travel adapternya sesuai standar soketnya, dan kalo lagi diluar atau di perjalanan tinggal pake aja powerbank nya.

Sekian dulu informasi kali ini, semoga bermanfaat. Sampaikan aja di kolom komentar jika kamu punya pertanyaan seputar power adapter.