via Engadget

Apple pernah menjadi ‘raja’ di sektor pendidikan AS. Pada awal milenium, mungkin teman-teman yang tumbuh dewasa di era tersebut terbiasa menyaksikan di berbagai film dan berita tentang kampus dan SMA di AS, maka Macbook merupakan perangkat yang sangat umum dipakai. Namun sejak beberapa tahun belakangan ini, pasar Apple tersebut tergerus dengan dahsyat. Laptop Windows dan Chromebook menjadi ‘raja’ di sektor pendidikan tersebut berkat harganya yang lebih terjangkau dan fungsinya yang lebih komprehensif. Apple kini berupaya mengembalikan kedigdayaannya tersebut dengan merilis iPad dengan harga ‘terjangkau’ di Apple Event tadi malam.

iPad 9.7 inci ini didayai oleh chip A10 Fusion yang memberikan kinerja CPU dan GPU lebih cepat, juga memungkinkan penggunaan aplikasi ARKit. Tablet produksi Apple tersebut akan mulai dijual dengan harga ritel USD 329 (di AS) untuk 32GB dengan model Wi-Fi, dan USD 459 (di AS) untuk model Wi-Fi + Seluler. Lebih hebatnya lagi, perangkat ini sudah support Apple Pencil! Tentu saja Apple Pencil ini perlu kamu beli terpisah dengan harga USD 99.

iPad yang difokuskan untuk pelajar dan mahasiswa ini sudah mulai tersedia dan bisa dipesan hari ini untuk lebih dari 25 negara dan wilayah: Australia, Austria, Belgia, Kanada, Tiongkok, Republik Ceska, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Hungaria, Irlandia, Italia, Jepang, Luksemburg, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Uni Emirat Arab, Inggris, dan tentu saja AS. India, Rusia, Thailand, Turki dan beberapa negara lain akan ikut serta menjual produk ini pada bulan April, sementara Korea Selatan dan negara lainnya mengikuti di bulan Mei.

Ini merupakan tantangan serius terhadap perangkat Windows yang saat ini populer di dunia pendidikan, terutama Surface untuk pelajar menengah ke atas. Gelombang perangkat 2-in-1 ini memudahkan pelajar untuk mengerjakan tugas dan mencatat materi pelajaran dengan perangkat yang support pen atau stylus digital. Namun iPad memiliki keistimewaan tersendiri karena didukung oleh ekosistem Apple yang kuat dan matang dalam hal aplikasi mobile. Apakah menurut kamu, perangkat iPad (relatif) murah ini akan menjadi tren baru di dunia pendidikan Indonesia?

 

Sumber: MSPoweruser

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.