Alexa CortanaAlexa, asisten digital milik Amazon, telah hadir di berbagai perangkat mulai dari headphone sampai dengan toilet. Namun merambahnya Alexa ke berbagai perangkat baru menggemparkan publik beberapa jam yang lalu. Karena ASUS, HP, Acer mengabarkan akan menghadirkan Alexa di jajaran PC Windows 10 mereka!

Lini ASUS Zenbook dan VivoBook, HP Pavilion Wave, dan beberapa seri Acer Spin, Swift, Switch dan Aspire yang akan menjadi pengusung Alexa. Amazon akan merilis aplikasi spesial Alexa pada musim semi. Teknologi Intel Smart Sound juga dipastikan akan mendukung perintah suara dari jauh.

Alexa on Windows 10
Alexa on Windows 10

Steve Rabuchin, VP dari Amazon Alexa menyatakan, “Akses jarak jauh Alexa pada PC bisa membantu pelanggan dalam banyak hal, seperti membuat interaksi sederhana dengan smartphone, menginformasikan berita dan cuaca, mengatur timer, dan masih banyak lagi.”

Pada Agustus lalu, Amazon dan Microsoft membuat aliansi dengan membuat integrasi antara Alexa dan Cortana pada akhir 2017, sehingga speaker pintar Amazon Echo bisa saling terhubung dengan Cortana di PC. Sayangnya proyek tersebut terlambat dan hadirnya Alexa di Windows 10 bukan salah satu rencana mereka. Amazon mengambil langkah lebih dahulu dengan membuat aplikasi terpisah yang membuatmu bisa mengakses informasi dengan cara yang sama pada Amazon Echo.

Amazon Echo Family

Tak seperti integrasi Alexa lainnya, Alexa di PC akan mampu muncul di layar layaknya dengan Cortana di Windows 10. Bedanya, sumber data dan informasi yang diberikan berasal dari Amazon. Namun, beberapa fitur seperti mengontrol kamera keamanan, berbagai fitur smart home, menulis pesan, menelpon, Spotify, dan Amazon Video sepertinya belum hadir di hari perilisan.

Saat ini di Amazon dan Google sedang dalam persaingan sengit di bidang asisten digital. Keduanya saling serang dengan merilis berbagai produk yang mengandalkan asisten digital, seperti headphone, smartphone dan speaker. Integrasi keduanya dengan perangkat pihak ketiga juga semakin menjadi-jadi. Meskipun Siri bukan salah satu yang terbaik di pasar, Siri masih terintegrasi dengan baik dengan ekosistem Apple yang memang tertutup. Sedangkan Cortana? Speaker pintar masih terus tertunda,  smartphonenya… you know lah, dan kini terancam oleh hadirnya Alexa di PC.

Bagaimana menurutmu? Akankah Cortana menjadi salah satu tumbal Microsoft yang selanjutnya? Jika tidak, kira-kira apa rencana Microsoft untuk menyelamatkan Cortana? Bagikan pendapatmu disini ya!

 

via Engadget

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.