via CNET

Pertama kali dirilis pada tahun 2015 di Android dan iOS, aplikasi asisten virtual buatan Microsoft, Cortana akan segera menemui ajalnya. Microsoft segera mengakhiri dukungan aplikasi ini.

Microsoft mengumumkan akan mengakhiri dukungan Cortana bagi Android dan iOS secara perlahan mulai akhir tahun ini. Dimulai pada 7 September, dukungan untuk Cortana skills akan dihentikan.

Baca juga:

Setelah itu barulah pada awal 2021, Microsoft akan mengakhiri dukungan aplikasi Cortana pada Android dan iOS. Artinya, pada 2021 mendatang Cortana akan meninggalkan kedua sistem operasi ini sekaligus dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Microsoft tak mengungkap apa alasannya mengakhiri Cortana di Android dan iOS. Namun Microsoft akan membantu para penggunanya untuk tetap produktif dengan aplikasi mereka lain seperti Outlook, Teams, hingga To Do.

“Di awal 2021, kami akan menghentikan dukungan aplikasi Cortana untuk mobile (iOS dan Android), karena sekarang Anda dapat mengelola kalender dan email, bergabung dalam rapat, dan melakukan lebih banyak lagi melalui pengalaman baru kami yang berfokus pada produktivitas,” kata Microsoft dalam pengumumannya.

Hilangnya Cortana pada Januari 2021 juga berdampak pula bagi Harman Kardon Invoke. Microsoft akan bekerjasama dengan Harman Kardon untuk mengupayakan mengirimkan update firmware baru sebagai transisi. Microsoft juga memberikan gift card senilai 50 USD bagi pemilik speaker pintar ini.

Diduga Cortana kalah saing dengan layanan asisten virtual mobile lain seperti Siri, Google Assistant, dan Amazon Alexa. Siri dan Google Assistant masing-masing telah tersedia secara default di smartphone iPhone milik Apple, dan smartphone Android.

Cortana memiliki fitur yang menyerupai dengan yang ada di Windows 10. Asisten virtual ini dapat membuat pengingat, membuka aplikasi, mengecek cuaca, dan lainnya.

Cukup disayangkan ya guys :(

via Pocketnow, Microsoft

  Gimbal HP Murah Ini Stabil Banget! Review Feiyutech Vlog Pocket 2  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.