Berbicara pada pertemuan dengan para jurnalis awal pekan ini, CEO Microsoft Satya Nadella berpikir dia tahu bagaimana asisten digital Cortana sendiri dapat menjadi produk yang sukses, mengkonversinya menjadi keterampilan untuk asisten lainnya.

Satya Nadella Berpikir Google Dapat Membantu Membuat Cortana Menjadi Sukses

Satya Nadella mengungkapkan bahwa Microsoft tidak melihat ke dalam membangun perangkatnya sendiri, yang akan didukung oleh Cortana, tetapi sebaliknya ingin mengeksplorasi pilihan lain, seperti membawa asisten digital cortana lebih dekat dengan para pesaingnya.

“Apakah lebih baik, misalnya, menjadikan Cortana keterampilan yang berharga yang bisa dihubungi seseorang yang menggunakan Alexa? Atau haruskah kita mencoba bersaing dengan Alexa? Sejujurnya, kami memutuskan bahwa kami akan melakukan yang pertama. Karena Cortana harus menjadi keterampilan bagi siapa saja yang merupakan pelanggan Microsoft Office 365, ” kata Satya Nadella seperti dikutip oleh Bussiness Insider.

Satya Nadella Berpikir Google Dapat Membantu Membuat Cortana Menjadi Sukses
Microsoft CEO Satya Nadella (kanan) and Amazon CEO Jeff Bezos Chip Somodevilla / Staff

Tahun lalu, Microsoft dan Amazon meluncurkan pembaruan untuk asisten digital mereka, memungkinkan Cortana dan Alexa saling berinteraksi dan menggunakan fitur mereka.

Ini merupakan pendekatan yang harus digunakan Microsoft untuk maju, Nadella menjelaskan, menunjuk ke Google Assistant sebagai target perusahaan berikutnya.

“Dan kamu juga harus bisa menggunakan “cortana” di Google Assistant. Anda harus dapat menggunakannya di Alexa, sama seperti Anda menggunakan aplikasi kami di Android atau iOS. Jadi setidaknya itulah yang ingin kami lakukan, ” Kata Satya Nadella.

“Kami sangat memperhatikan kategori yang kami masukkan di mana kami dapat melakukan sesuatu yang unik. Yang baik adalah pembicara. Bagi saya tantangannya adalah, apa tepatnya yang bisa kami lakukan dalam kategori itu yang akan menjadi unik ?,” lanjut CEO Microsoft tersebut.

Sementara Microsoft tampaknya berkomitmen penuh untuk berkolaborasi dengan Google di dunia asisten digital, namun sang raksasa pencarian belum mengatakan apa-apa tentang perluasan pasar ini berkaitan dengan kemitraan saingan jangka panjangnya.

Sementara itu, Nadella menjelaskan bahwa masa depan Cortana sebagian besar bergantung pada integrasi dengan produk lain, dan ia menawarkan Microsoft 365 sebagai contoh. Ini adalah bukti nyata bahwa asisten digital menjadi lebih dari sekedar fitur di ekosistem Microsoft.

Referensi : fonearena, bussinessinsider, indiatimes, theverge

  Nyesel Beli Telkomsel By.U..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.