Awas: Trojan Dyreza Kini Menjadikan Edge dan Windows 10 Sebagai Targetnya

Namanya adalah Dyreza, trojan ini memang kurang begitu populer dibandingkan trojan berbahaya lainnya. Tetapi yang membuatnya jadi berbahaya, trojan Dyreza (atau disebut juga Dyre) kini turut menjadikan Microsoft Edge dan Windows 10 sebagai targetnya.

Sebelumnya trojan ini hanya mampu menginfeksi Chrome, Chromium, Firefox, dan IE saja. Tetapi seiring dengan kemunculan Edge di Windows 10, sekarang Dyreza menjadikan keduanya sebagai target juga.

Dyreza mampu menginfeksi Microsoft Edge dan menjadikannya alat untuk mengumpulkan detail info pengguna seperti username dan password, lalu mengirimkannya ke server sang cracker.

Selain itu Dyreza juga mampu mematikan berbagai macam proses yang terhubung ke security agar proses infeksi Edge dan Windows 10 berjalan dengan lebih cepat dan efisien.

Selain mencuri data pengguna, trojan ini juga menjadikan komputer pengguna sebagai botnet. Trojan ini tersebar melalui file attachment di email yang bisa berupa dokumen PowerPoint, ZIP, ataupun file PDF.

Untuk itu pastikan kamu tidak sembarangan membuka file attachment yang tersebar melalui email, terlebih jika kamu tidak kenal siapa yang mengirimkannya. Pastikan juga Windows dan security software kamu selalu up-to-date dan tidak menunda update jika ada signature virus atau trojan baru yang dirilis.

via heimdalsecurity

  Unboxing Zenfone Max Pro M2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.