Baterai Lebih Awet Setelah Update ke Windows Phone 8.1 (Lumia Cyan)

Ini adalah hasil pengamatan yang dilakukan di 5 versi Windows Phone yang berbeda, yaitu WP 8, WP 8.1 DP1, WP 8.1 DP2, WP 8.1 DP3. dan WP 8.1 Lumia Cyan. Hasil dari pegamatan tersebut menunjukkan bahwa smartphone yang sudah diupdate ke Windows Phone 8.1 (Lumia Cyan) baterainya jauh lebih awet dibandingkan dengan versi lainnya. Ini bukti bahwa Windows Phone 8.1 final dari Lumia Cyan paling efisien dalam hal penggunaan daya.

Smarphone yang dijadikan pengujian adalah Lumia 1020. Dengan menggunakan OS Windows Phone 8, baterai smartphone tersebut sudah berada dibawah 50% setelah penggunaan selama 15 jam. Hal ini sangat berbeda setelah Lumia tersebut diupdate ke Windows Phone 8.1 Cyan. Dengan penggunaan yang sama sekitar 15 jam, ternyata baterai masih berada pada titik 75%.

Hal yang sangat mengejutkan terjadi ketika Lumia menggunakan WP 8.1 Developer Preview 1. Penggunaan baterai saat menggunakan OS tersebut terlihat sangat boros. Bahkan baterai sudah berada dibawah 25% dalam penggunaan sekitar 15 jam!

Baterai Lebih Awet Setelah Update ke Windows Phone 8.1 (Lumia Cyan)

Kesimpulan dari pengamatan ini adalah Windows Phone 8.1 sudah jauh lebih hemat baterai dan efisien dalam hal penggunaan daya dibandingkan dengan Windows Phone 8. Beberapa fitur seperti Freeze yang tadi kita kabarkan mungkin turut membantu hematnya penggunaan daya oleh OS tersebut.

Kesimpulan lainnya adalah bahwa kamu sebaiknya tidak menggunakan WP versi Developer Preview untuk keperluan sehari-hari. Versi developer preview masih memiliki banyak bug yang tentu saja belum stabil dan seefisien versi finalnya. Hasilnya bisa kamu lihat betapa borosnya penggunaan baterai yang digunakan oleh OS tersebut. Namun jika memang kamu ingin melakukan testing dan penasaran dengan fitur baru di WP, tidak ada salahnya menggunakan versi developer preview tersebut.

Bagaimana tanggapan kamu tentang hasil pengamatan ini? Apakah WP kamu juga terasa lebih hemat baterai setelah upgrade ke Lumia Cyan?

via allaboutwindowsphone

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.