Perangkat Surface dengan Dual Screen yang sangat dinantikan akhirnya diumumkan Microsoft pada acara Surface Event tanggal 2 Oktober kemarin. dan seperti yang dikabarkan sebelumnya, perangkat ini benar-benar akan mulai dijual pada akhir tahun 2020 nanti.

Dengan kata lain, apa yang kita lihat sekarang diberbagai media, perangkat ini masih berupa Prototype, dan tentunya akan mendapatkan penyempurnaan lebih lanjut untuk diterapkan dalam beberapa bulan mendatang sebelum peluncuran resminya.

Image : The Verge

Disebut Surface Neo, perangkat baru ini menggunakan dua layar 9 inci terpisah yang terhubung satu sama lain dengan engsel 360 derajat, sehingga dapat mendukung mode laptop dan tablet. Berkat dua layar, kedua mode mendapat manfaat dari peningkatan estate layar, meskipun nih jika dipikirkan mode tablet adalah satu-satunya yang menjadi pemenang besar dari desain baru ini.

Hadir Dengan Keyboard dan Stylus Khusus!

Image : The Verge

Microsoft dalam acara ini mendemonstrasikan bagaimana pengguna dapat menggunakan aksesoris keyboard khusus untuk mengubah Surface Neo menjadi perangkat yang lebih produktif. Keyboard terpasang ke bagian bawah atau bagian atas dari salah satu layar.

Image : The Verge

Posisi penempatan dari Keyboard ini juga menentukan bagaimana kontrol dari Surface Neo, Jika pengguna meletakkannya di bagian bawah, bagian atas layar dapat menampilkan beberapa kontrol praktis untuk apa pun yang kamu lakukan di layar. Jika pengguna memilih yang atas, bagian bawah akan dikonversi menjadi touchpad virtual.

Image : MKBHD

Selain itu, Surface Neo juga hadir dengan Surface Slim Pen, yang sama sama diperkenalkan untuk perangkat Surface Pro X.

Spesifikasi

Sampai saat ini, yang baru diketahui mengenai spesifikasi adalah, Surface Neo akan ditenagai oleh chip Intel Lakefield, tetapi spesifikasi lainnya belum terungkap guys, kemungkinan besar karena mungkin saja spesifikasinya dapat berubah pada saat perangkat diselesaikan nanti.

Selain itu Microsoft Surface Neo ditenagai oleh Windows 10X yang semuanya baru, versi khusus Windows 10 yang dibuat untuk Dual Screen dan perangkat yang dapat dilipat. Platform ini hadir dengan semua jenis triknya, dan mengingat ini dioptimalkan secara khusus untuk mode seperti itu, aplikasi dapat dirender hanya pada satu atau kedua layar. Aplikasi juga dapat dipindahkan dari satu layar ke yang lain dengan gerakan drag and drop sederhana.

Nah bagaimana menurutmu mengenai Surface Neo ini? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah guys.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.