Seperti yang kita ketahui, beberapa hari lalu Microsoft memperkenalkan beberapa jenis Microsoft Surface baru yang diantaranya ada peningkatan Surface Pro 7, dan Surface Laptop 3, Perangkat Surface Pro X, dan Surface Neo.

Yang menarik dari Surface Neo, yang mana saat ini masih menjadi produk Prototype, perangkat ini hadir dengan Sistem Operasi Windows 10X, apa 10 dan X, kayaknya bakalan keren kan. Secara khusus Sistem Operasi ini ditunjukan untuk perangkat dual screen. Dan Microsoft mengklaim dengan munculnya OS baru ini, akan memberi kekuatan gelombang produk yang sama sekali baru dari Microsoft dan mitranya.

Windows 10X Adalah Windows Lite!

Jika kamu ingat, beberapa bulan lalu sempat dirumorkan bahwa Microsoft sedang menyiapkan sebuah OS Baru bernama Windows Lite, Baca Lebih Lanjut di (Microsoft Akan Menggunakan Windows Lite untuk Perangkat Dual-Screen). Dan project akhirnya sepertinya OS Baru itu bernama Windows 10X, bukan Windows Lite. Dan berdasarkan informasi yang beredar, Windows 10X hanya dapat diinstal pada PC Dual Screen, dengan kata lain, Windows 10X gak bisa diinstal di perangkat PC Tradisional, bahkan Microsoft membuatnya sangat jelas dengan menyebutkan “not an upgrade if you already own a PC.

Gelombang Perangkat Baru

Windows 10X akan dirilis pada musim gugur 2020 nanti pada perangkat seperti Microsoft Surface Neo, dan Microsoft mengatakan perangkat serupa dari ASUS, Dell, HP dan Lenovo sudah dalam pengerjaan, perangkat ini juga dikabarkan akan datang dengan berbagai ukuran, karena Windows 10X dapat beradaptasi dengan dimensi dan resilusi layar yang berbeda.

“Windows 10X adalah yang terbaik dari Windows 10 yang dibangun untuk memungkinkan pengalaman unik pada PC layar ganda multi-postur. Kami telah mengambil Windows 10 yang dikenal dan dicintai pelanggan dan membangun Windows 10X dengan cara mengawinkan yang akrab dengan yang baru, ”Microsoft menjelaskan.

Dengan itu Windows 10X dioptimalkan untuk segala hal yang dibawa oleh perangkat dual screen baru, termasuk Touchscreen, dukungan stylus, Gesture Drag n Drop untuk memindahkan aplikasi dari satu layar ke yang lain, dan yang lebih penting, Windows 10X dioptimalkan untuk masa pakai baterai yang lebih besar. Selain itu Windows 10X membawa start menu yang lebih minimalis dibandingkan Windows 10 biasa.

“Kami perlu memberikan daya tahan baterai yang bisa mendorong tidak hanya satu, tetapi dua layar. Kami ingin sistem operasi dapat mengelola efek baterai dari katalog besar aplikasi Windows kami, apakah itu ditulis pada bulan lalu atau lima tahun yang lalu. Dan kami ingin memberikan kinerja perangkat keras dan kompatibilitas yang diharapkan pelanggan kami dari Windows 10, ”kata Microsoft.

Microsoft juga mengatakan lebih banyak informasi tentang Windows 10X akan dibagikan dalam beberapa bulan mendatang, karena lebih banyak upgrade dan perbaikan akan diberikan ke platform sebelum diluncurkan pada musim gugur 2020 nanti.

Nah bagaimana menurutmu mengenai Windows 10X ini? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Via : The Verge, News Softpedia

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.