Windows 10X adalah sistem operasi baru Microsoft yang secara khusus dikembangkan untuk perangkat Dual Screen seperti Surface Neo, dan meskipun didasarkan pada Windows 10, ia hadir dengan beberapa perubahan yang secara spesifik diharapkan dapat membantu beradaptasi dengan kategori produk baru kedepannya. Baca Juga : Apa Itu Windows 10X? OS Untuk Dual Screen PC!

Nah salah satu yang telah dirancang ulang secara substansial agar lebih masuk akal pada perangkat Dual Screen tentu saja Start Menunya. Start menu pada Windows 10X, seperti gambar diatas, kini memiliki akses ke shortcut aplikasi esensial pengguna, dan kini gak lagi menampilkan Live Tiles.

Live Tiles diyakini menjadi fitur yang kurang populer, dengan data penggunaan Microsoft menunjukkan bahwa semakin sedikit orang yang menggunakannya di Start Menu (termasuk saya), Jadi menyerah pada Live Tiles ini tampaknya menjadi hal berikutnya yang harus dilakukan Microsoft, ya meskipun konfirmasi dalam hal ini belum ada.

Start Menu Windows 10X

Start Menu pada Windows 10X yang disederhanakan didasarkan pada dua bagian yang berbeda, pada bagian atas, menunjukkan kepada pengguna 15 aplikasi dan situs web dengan tombol untuk “show all,” dan yang di bagian bawah akan menampilkan sesuatu yang baru-baru ini diakses dan file yang “direkomendasikan”.

Selain itu Tombol Start gak lagi ditempatkan di sudut kiri bawah, tetapi dilengkapi dengan ikon Fluent Design yang baru dan berada di tengah. Start Menu akan muncul di kedua layar bila diperlukan, karena Surface Neo (dan semua perangkat layar ganda lainnya) akan diizinkan untuk menjalankan dua aplikasi berdampingan pada tampilan yang berbeda berkat Windows 10X.

Namun geng, untuk saat ini, bagaimanapun, penting untuk diketahu juga bahwa demo yang disajikan Microsoft pada Surface Event bukanlah versi final dari Windows 10X, jadi mungkin akan ada penyempurnaan lebih lanjut, termasuk untuk Start Menu.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan komentarmu dibawah geng.

Via : News Softpedia

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.