Benarkah Microsoft Menyerah dengan Windows Phone dan Berpaling ke Android?

Sebuah rumor berhembus hingga membuat pengguna Windows Phone bertanya-tanya, benarkah rumor tersebut?

Ini merupakan rumor panas yang dihembuskan oleh akun Twitter MSFTnerd. Melalui akun Twitternya dia menyatakan bahwa Satya Nadella dan Senior Leader Team Microsoft lainnya tengah berdebat untuk memutuskan antara tetap bertahan melanjutkan Windows Phone vs membundling apps & services Microsoft di platform Android.

Microsoft juga dikabarkan akan melakukan barter dengan Google, dimana device Android bakal dijejali Microsoft Apps dan sebagai gantinya Microsoft setuju untuk menjejali device Windows dengan Google Maps, YouTube, dan Google Search.

Benarkah Microsoft Menyerah dengan Windows Phone dan Berpaling ke Android?

 

Tetapi benarkah rumor tersebut?

Pertama perlu dicatat bahwa yang namanya rumor bisa saja benar dan bisa saja tidak. Jadi ada potensi 50 : 50 antara kebenaran atau sebuah isu belaka.

Kedua kalaupun rumor ini benar maka berarti saat ini Satya Nadella dan Senior Leader Team Microsoft masih mendebatkan hal itu, belum sampai pada tahap memutuskan — yang tentu saja peluang keputusannya juga 50:50.

Ketiga kalaupun rumor ini benar, dan keputusan dari perdebatan tersebut adalah menyerah dengan Windows Phone, maka hal itu bakal dilakukan jauh setelah era Windows 10. Hal ini karena Microsoft telah melakukan investasi besar-besaran dengan Windows 10 Mobile. Tidak mungkin mereka menyerah begitu saja setelah mengeluarkan dana jutaan dolar untuk pengembangan, marketing, event, dsb.

Jadi seandainya saja rumor ini benar, dan keputusannya adalah menyerah dengan Windows Phone, maka masih ada Windows 10 Mobile yang bakal menjadi the last shot Microsoft.

 

Analisa WinPoin

Menurut analisa kita, sulit bagi Microsoft untuk menyerah dengan Windows Phone, terlebih dengan kehadiran Windows 10 Mobile yang memiliki impresi positif.

Memiliki platform sendiri berarti memiliki kebebasan penuh untuk mengintegrasikan apps dan layanan Microsoft kedalamnya. Hal ini tentu berbeda jika mengembangkan apps untuk platform lain yang tentunya tidak bisa bebas dalam mengintegrasikan banyak hal. Belum lagi banyaknya batasan dan aturan perusahaan lain (Google untuk Android / Apple untuk iOS) yang harus dipatuhi oleh Microsoft jika memilih untuk melakukannya.

Jadi jika rumor ini benar, maka perdebatan ini bakal menjadi perdebatan yang sengit antara Satya Nadella dan Senior Leader Team Microsoft. Kesimpulannya menurut pendapat dan analisa kita, sangat kecil kemungkinan Microsoft untuk menyerah begitu saja dengan Windows Phone.

 

Menurut Kamu?

Bagaimana dengan analisa kamu? Bagikan pendapat kamu disini.

rumor via phonearena

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.