Home Tutorial Berbagai Jenis VMware dan Mana yang Sebaiknya Kamu Pilih

Berbagai Jenis VMware dan Mana yang Sebaiknya Kamu Pilih

Apa itu VMware, Apa Kegunaannya, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Berbeda dengan VirtualBox, VMware memiliki banyak sekali jenis dan tipe yang terkadang bisa membuat kamu bingung untuk memilihnya. Keberagaman jenis software virtualisasi milik VMware ini muncul karena ada banyaknya keperluan spesifik virtualisasi di berbagai aspek kebutuhan.

Tentu saja mana yang kamu pilih harus disesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan. Berikut ini adalah beberapa kebutuhan virtualisasi beserta jenis VMware yang bisa kamu pilih:

 

Untuk Virtualisasi Data Center dan Insfrastruktur Cloud

Jika yang kamu butuhkan adalah untuk keperluan virtualisasi di data center dan infrastruktur cloud, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware vCloud, vSphere, dan vCenter.

 

Untuk Manajemen Data Center dan Cloud

Jika yang kamu butuhkan adalah memanage data center dan cloud dengan built in tools untuk keperluan otomasi dari manajemen VM, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware vRealize.

 

Untuk Infrastruktur as a Service

Jika yang kamu butuhkan adalah untuk implementasi hybrid cloud yang reliable dan aman di data center kamu, serta ingin mendeploy aplikasi aplikasi kamu secara cloud, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware vClou Air.

 

Untuk Virtualisasi Desktop dan Aplikasi (Kelas Enterprise)

Jika kamu adalah IT admin dari perusahaan atau enterprise dan ingin memberikan Windows Desktop, aplikasi, ataupun layanan online kepada end user melalui virtual data center, virtual machine, ataupun physical device, maka yang kamu butuhkan adalah VMware seri Workspace Suite, Horizon, App Volumes, User Environment Manager, Mirage, ataupun ThinApp.

 

Untuk Aplikasi dan Data Platform

Bagi kamu yang punya aplikasi dan ingin di-skala melalui virtual infrastruktur, maka versi VMware yang tepat untuk kamu pilih adalah seri VMware Pivotal. Seri ini cocok sekali bagi kamu developer yang ingin menjadikan apps kamu bisa diakses melalui cloud dan bisa di skala dengan mudah.

 

Untuk Personal Desktop

Inilah versi VMware yang paling banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Jika kamu hanya ingin membuat virtual machine di PC, baik itu untuk keperluan testing OS, coba-coba OS, membuat sistem terisolasi, ataupun menjalankan OS lain secara virtual, maka yang perlu kamu lihat hanyalah seri VMware Workstation.

VMware Workstation punya dua jenis yaitu Workstation Pro dan Workstation Player.

Versi Pro merupakan versi berbayar dengan berbagai jenis kelebihannya, sedangkan Workstation Player bisa kamu download dan gunakan gratis untuk keperluan personal.

Sebenarnya di kategori ini masih ada juga VMware Fusion, tetapi karena itu untuk Mac maka tidak kita bahas disini.

 

Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk Penggunaan Rumahan?

Penggunaan rumahan disini artinya penggunaan sehari-hari, misalnya membuat virtual machine di laptop dan komputer untuk keperluan testing OS, testing software, membuat sistem terisolasi, menjalankan Linux dari dalam Windows, dan berbagai keperluan dasar lainnya.

Untuk keperluan tersebut VMware Workstation Player adalah yang paling tepat untuk kamu gunakan.

Selain bisa didapatkan secara gratis untuk keperluan personal, VMware Workstation Player ini sudah memiliki fitur yang lebih dari cukup untuk kebutuhan virtualisasi sehari-hari.

Kamu bisa mendownload VMware Workstation Player (Free for personal use) disini.

Itulah beberapa versi VMware beserta mana yang sebaiknya kamu pilih. Untuk terus mempelajari VMware dan virtualisasi di Windows, pastikan kamu tidak melewatkan VMware Academy: Jago VMware Dalam 30 Hari.

Jago VMware Dalam 30 Hari — Panduan Lengkap VMware dari Pemula Hingga Mahir

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • ZAi

    vmware barusan di download -_- eh postnya muncul tentang vmware kebetulan atau apa nih ckckckk

    lagi nyoba buat keperluan pengembangan os sendiri :v

    • edan..kasih nama ZAYOS om..bagus :D
      btw ku WA dari kapan hari kok g ada reply om?

  • Adli Bahrun

    VMware Workstation Player yg 32 bit ada gak?

    • sayangnya gak ada..ada vmware player lawas yang 32-bit, tp support terhadap OS terbaru saat ini agak kurang

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Padahal dulu pas tahun 2012-2013 VMware 32-bit masih ada itupun belum kelar VMware player

  • Nurcahya

    ane masih bingung sama VMWare. sebenernya pake VMware bakal se luwes pake OS langsung di install di Komputer atau tidak? soalnya selama ini saya pake VM cuman buat coba OS doang, dan rasanya kayak pake OS boongan :v

    • kalo bisa seluwes diinstall di PC langsung ya tidak, karena ketika di VMware maka PC menjalankan 2 OS..tentu lebih berat daripada diinstall langsung

      belum lagi resource hardware terpecah juga dan menjadi hardware virtual yang pasti performa lbh rendah dari langsung terinstall di PC

      • Nurcahya

        cuman masalah resource?
        berarti bikin server pake VM sekalipun bisa kah? soalnya gk percaya aja, bikin server pake VM dan jalannya di Windows

        • bisa..memang itu kegunaannya
          PC server dengan specs besar (dedicated server) biasa dipecah2 menjadi beberapa VM utk keperluan2 yang berbeda (virtual private server)

          • Nurcahya

            wah hebat juga ya.
            kalo saya mau belajar server berarti gk perlu install Linux di real machine :3

  • untuk saya cukup VMWare Workstation :D