Windows 10 19H1 yang dirumorkan akan menjadi versi 1903 dan akan selesai pada musim semi tahun ini dikabarkan akan membawa banyak perubahan menarik, misalkan saja seperti Light Theme, dan beberapa perubahan lain. Selain itu Microsoft secara diam diam memberikan perubahan pada Windows 10 19H1 menyangkut enkripsi BitLocker yang ditawarkan pada perangkat yang didukung.

BitLocker Dapat Menggunakan Enkripsi Perangkat Lunak secara Default di Windows 10 Versi 19H1

Sementara ini di versi Windows 10, termasuk October 2018 Update, sistem operasi Windows 10 menggunakan enkripsi berbasis perangkat keras ketika tersedia, dan untuk pembaruan fitur yang akan datang enkripsi ini akan beralih ke enkripsi berbasis perangkat lunak secara default, seperti yang ditemukan baru-baru ini.

Microsoft telah memodifikasi kebijakan BitLocker pada Windows 10 dan menyatakan bahwa “jika Anda tidak mengonfigurasi pengaturan kebijakan ini, BitLocker akan menggunakan enkripsi berbasis perangkat lunak,” sedangkan dalam versi yang lebih lama, enkripsi berbasis perangkat keras diaktifkan secara default.

Bug Enkripsi Perangkat Keras

Meskipun Microsoft belum memberikan informasi apa pun tentang perubahan ini, ia percaya ini adalah hasil dari masalah yang ditemukan pada November 2018 dan memengaruhi sistem enkripsi perangkat keras untuk beberapa model SSD.

Karena bug dalam enkripsi perangkat keras, fitur BitLocker Microsoft dianggap tidak berguna, dan pengguna disarankan untuk beralih ke enkripsi berbasis perangkat lunak untuk menghindari pemaparan data mereka.

“Microsoft mengetahui laporan kerentanan dalam self-encrypting drives (SEDs). Pelanggan yang khawatir dengan masalah ini harus mempertimbangkan untuk menggunakan enkripsi hanya pada perangkat lunak yang disediakan oleh BitLocker Drive Encryption. Pada komputer Windows dengan drive yang mengenkripsi sendiri, BitLocker Drive Encryption mengelola enkripsi dan akan menggunakan enkripsi perangkat keras secara default, ” Kata Microsoft menjelaskan

Windows 10 1903 atau sebelumnya biasa disebut dengan Windows 10 19H1 dikabarkan akan dirilis pada bulan Maret 2019 mendatang, dan sementara peluncuran untuk publik akan dimulai pada bulan April. Microsoft masih memiliki beberapa bulan untuk memperbaiki pengaturan ini, tetapi ada kemungkinan enkripsi berbasis perangkat lunak akan digunakan secara default untuk mencegah bug semacam itu mengekspos data pengguna.

Jika kamu menggunakan Windows 10 Insider Fast Ring build terbaru, kamu bisa melihat kebijakan baru terkait BitLocker ini di Group Policy Editor Windows 10 yang terletak di :  Computer Configuration\Administrative Templates\Windows Components\BitLocker Drive Encryption

BitLocker Dapat Menggunakan Enkripsi Perangkat Lunak secara Default di Windows 10 Versi 19H1
Sumber : Twitter/teroalhonen

Berikan pendapatmu terkait hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : news.softpedia

  Misteri Fitur Baru MIUI 11 Sudah Terungkap  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.