Tahun lalu, Intel baru mengumumkan thunderbolt 4 dimana kini teknologi tersebut sudah dapat kamu gunakan di laptop generasi ke 11 berbasis tiger lake terbaru, namun sayangnya tidak ada peningkatan kecepatan yang dihadirkan, dimana maksimum transfer thunderbolt 4 sama dengan thunderbolt 3 yaitu maksimum (40 Gbps) saja.

Mengenai teknologi thunderbolt, sebuah slide presentasi dari intel sayangnya telah bocor ke publik dimana dalam slide tersebut mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan, yaitu teknologi thunderbolt 5, dan bukan hanya itu, thunderbolt 5 akan membawa maksimum speed hingga 80 Gbps.

Gila bukan? 80 Gbps loh, dua kali lipatnya dari maksimum speed thunderbolt 3 dan 4. Selain itu untuk port yang digunakan mantapnya lagi masih menggunakan Port Type-C, yang berarti kompatibilitas dan kemampuan adaptasi generasi thunderbolt 5 harusnya tidak akan menjadi masalah.

Mengenai thunderbolt 5 ini, seperti dilansir dari Neowin, Thunderbolt 5 akan berbasiskan dari “novel PAM-3 modulation technology”, dimana PAM-3 or three-level Pulse Amplitude Modulation dapat melakukan transfer tiga bit dari data (-1, 0, +1) di dua unit intervals dengan menunjukkan efisiensi satu setengah bit per siklus. Dimana ini 50% lebih tinggi dari siklus Non-return-to-zero (NRZ) atau PAM-2 (dua bit: 0 dan 1) yang digunakan di Thunderbolt saat ini.

Nah keren bukan?, meskipun begitu ini masihlah bocoran saja, mengenai tanggal rilis, dan informasi detail lainnya saat ini masih menjadi misteri, namun tentu jika nanti dirilis, adanya thunderbolt 5, itu akan menjadi peningkatan yang sangat signifikan dari generasi sebelumnya.

Via : AnandTech, Neowin

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.