Seperti Inilah Jika Windows PC Berjalan di Smartphone Android ASUS ZenFone 2 — dan Bagaimana Cara Menginstallnya

Hal ini memang sedikit terdengar mengada-ada, namun CodeWeavers dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi Wine dan CrossOver untuk Android. Bagi kamu pengguna Linux serta OS X tentu tidak asing lagi dengan keduanya. Kedua aplikasi tersebut memungkinkan kamu untuk menginstall dan menjalankan software Windows di Linux dan OS X — dan ketika Wine dan CrossOver ini dirilis untuk Android, maka software Windows bakal bisa kamu jalankan di Android juga.

Aplikasi CrossOver untuk Android direncanakan rilis paling cepat akhir tahun ini, dimana tim Wine dan CodeWeavers sudah sepakat akan saling membantu mengembangkan aplikasi ini agar berjalan dengan baik di berbagai perangkat android.

Memang sangat berat untuk sebuah Android menjalankan software Windows, karena pada umumnya dapur pacu Android kebanyakan memakai chipset prosesor berbasis ARM, sedangkan untuk Windows Desktop menggunakan prosesor berbasis x86. Hal ini sangat jelas berbeda dan tentu tidak saling kompatibel .

Karena itu untuk sementara mereka mencoba mengoperasikannya pada chipset Intel yang kita tahu sudah ada versi x86 dan x64 dan tentu hanya beberapa seri device Android saja yang menggunakan Chipset tersebut, misalkan saja ASUS Zenfone 2.

Dan berikut Video Jeremy White selaku pengembang CrossOver yang menyampaikan idenya tersebut :

Di menit ke 9 terlihat sudah mulai timbul keraguan pada rekan yang hadir, namun berkat kegigihan White ide tersebut akhirnya disetujui. Jadi Akankah sebuah Android akan benar – benar lancar menjalankan software dan aplikasi Windows?

Jawabannya hanya bisa kita ketahui di akhir tahun ini.

Via Phoronix

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.