Home Editorial Bye-bye Vista, Welcome Windows 10 Creators Update

Bye-bye Vista, Welcome Windows 10 Creators Update

Strategi Jenius Microsoft: Berpindah dari Monopoli Windows ke Office dan Layanan Cross Platform

Entah ini sebuah kebetulan atau memang pihak Microsoft sengaja melakukan hal ini, pada hari ini tanggal 11 April 2017 akan ada dua hal menarik yang bakal terjadi.

Yup, betul sekali. Hari ini merupakan hari dimana Windows 10 Creators Update bakal dibagikan via Windows Update dan bukan hanya itu, hari ini juga menjadi hari terakhir bagi Microsoft untuk memberikan dukungan pada Windows Vista!

Setelah 3 tahun yang lalu dukungan untuk Windows XP dihentikan, kini Microsoft menghentikan dukungannya untuk Windows Vista. Windows Vista sendiri pertama kali diresmikan pada akhir tahun 2006 serta sudah mendapatkan 2 buah pembaruan (Service Pack), dan hari ini merupakan hari terakhir dukungan dari Microsoft untuk Windows Vista setelah lebih dari 10 tahun.

Bye-bye Vista, Welcome Windows 10 Creators Update

Walaupun tidak sesukses Windows XP dan Windows 7, tetapi Windows Vista tetap menjadi salah satu OS yang cukup diminati pada masanya.

Berikut pernyataan resmi Microsoft mengenai akhir dukungan untuk Windows Vista:

Setelah 11 April 2017, pelanggan Windows Vista tidak akan lagi menerima update keamanan baru, perbaikan, dukungan online (teknis), ataupun update konten dari Microsoft.

Lalu, apakah saya tetap bisa menggunakan Windows Vista dan apa yang akan terjadi jika saya tetap memakai Windows Vista?

Kamu tetap bisa menggunakan Windows Vista walaupun Microsoft sudah menghentikan dukungannya, akan tetapi PC milikmu akan menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan dan virus. Selain itu, kemungkinan besar akan ada banyak software yang menghentikan dukungannya untuk Windows Vista.

Maka, satu-satunya cara agar PC milikmu tetap aman dan mendapatkan dukungan dari berbagai software adalah dengan beralih ke edisi Windows terbaru – baik itu Windows 7, Windows 8.1 ataupun Windows 10.

Selain menghentikan dukungan untuk Windows Vista, hari ini Microsoft akan memberikan update besar untuk pengguna Windows 10, yakni perilisan Windows 10 Creators Update. Pada update kali ini Microsoft memberikan banyak perbaikan dan juga fitur baru seperti Night Light, Game Mode, Paint 3D dan masih banyak yang lainnya. (Baca: 10 Fitur Baru Terbaik di Windows 10 Creators Update)

Cara Install Windows 10 Creators Update dengan Media Creation Tool

Sebenarnya kamu sudah bisa mendapatkan Creators Update secara manual sejak tanggal 5 April kemarin melalui Media Creation Tool, Update Assistant, ataupun File ISO. Tapi, untuk kamu yang tak ingin ribet kamu bisa melakukan update via Windows Update mulai dini hari nanti.

So, disaat jarum jam tepat berada diangka 12 nanti malam, mungkin itulah waktu yang tepat untuk mengucapkan:

Bye-bye Vista, Welcome Windows 10 Creators Update

Jadi, apakah diantara kamu disini masih ada yang menggunakan Windows Vista? Lalu, apa yang akan kamu lakukan setelah dukungan untuk Windows Vista berakhir?

Berikan jawaban dan pendapat kamu di kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '