Home PC Cara Agar Update Windows Tidak Bikin Internet Lemot

Cara Agar Update Windows Tidak Bikin Internet Lemot

Di Windows 10, update dirilis lebih sering dibandingkan versi Windows sebelumnya — dan inilah beberapa tips agar update Windows tidak bikin internet kamu lemot.

Cara Agar Update Windows Tidak Bikin Internet Lemot

Berbeda dari versi Windows sebelumnya, Windows 10 adalah sebuah layanan (Windows as a Service). Hal ini membuat Windows 10 lebih sering mendapatkan update dibanding versi Windows sebelumnya. Update mayor Windows 10 hadir 2x dalam setahun, dan update rutin bisa dirilis beberapa kali dalam sebulan. Dengan pengaturan default, proses download update Windows secara background tersebut berpotensi membuat internet kamu lemot. Tetapi di artikel ini WinPoin akan memberikan beberapa tips bagaimana agar update Windows tidak bikin internet kamu lemot.

1. Matikan Peer-to-Peer Update

Bagi kamu yang belum tahu, Windows 10 dilengkapi dengan fitur peer-to-peer update. Ini adalah fitur yang membuat PC lain (baik PC di local network, atau PC orang lain yang terhubung internet) bisa mendownload update dari Windows 10 PC milikmu. Jadi secara diam-diam Windows 10 akan mengupload data Windows Update kepada PC lain — dan proses upload ini tentu mengambil bandwith upload koneksi internet kamu.

Fitur peer-to-peer update ini aktif secara default, jadi agar bandwith upload internet kamu tidak lemot, kamu bisa matikan saja fitur ini.

Caranya tinggal buka Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced Options > Delivery Optimization dan atur Allow downloads from other PCs ke Off

Cara Agar Update Windows Tidak Bikin Internet Lemot

 

2. Batasi Bandwith Windows Update

Di Windows 10 terbaru saat ini, kamu bisa membatasi bandwith Windows Update — agar proses download update secara background tidak menghabiskan seluruh jatah internet kamu. (Baca juga: Review Lengkap — Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update)

Caranya sama seperti sebelumnya, masuk dulu ke pengaturan Delivery Optimization melalui Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced Options > Delivery Optimization

Tetapi kini tekan Advanced Options untuk masuk ke pengaturan lebih lanjut. Pada Download Settings, centang Limit how much bandwith is used for downloading updates in the background, dan atur berapa persen bandwith yang ingin kamu alokasikan.

Cara Agar Update Windows Tidak Bikin Internet Lemot

Untuk Upload Settings, tidak perlu kamu atur, karena sudah kamu matikan di langkah sebelumnya. Tetapi jika tidak kamu matikan, kamu juga bisa mengatur slidernya untuk membatasi bandwith upload secara peer-to-peer.

Nah itulah 2 langkah mudah yang bisa kamu lakukan agar proses download Windows Update tidak bikin internet kamu lemot. Bagi kamu yang punya tips lain, silakan sampaikan di kolom komentar.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.