Beberapa hari lalu dikabarkan bahwa Visual Effect Windows 11 Kini Hadir di Microsoft Edge Chromium, dimana pada Microsoft Edge Chromium 102 Stable, kita bisa mengaktifkan sebuah flags experimental yang secara langsung akan membuat tampilan Microsoft Edge yang kita gunakan memiliki user interface ala Windows 11, termasuk blur di title bar, toolbar, dan tab.

Nah pada artikel kali ini WinPoin akan menunjukkan bagaimana sih caranya mengaktifkan Visual Style Windows 11 di Microsoft Edge Chromium, berikut langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama pastikan dulu kamu telah menggunakan Microsoft Edge Chromium 102 (jika belum, silahkan kamu update dulu pada halaman edge://settings/help).

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu copy dan paste url berikut ke omnibox atau address bar Microsoft Edge Chromium.

edge://flags/#edge-visual-rejuv-show-settings

Kemudian pada bagian Show experimental appearance settings, silakan kamu set dari default menjadi enabled, dan restart Microsoft Edge Chromium kamu.

Langkah 3. Setelah itu, silakan kamu masuk ke Settings > Appereance di Microsoft Edge Chromium kamu, dan cari Show Windows 11 visual effects in title bar and toolbar, kemudian aktifkan toggle nya ke On.

Lakukan hal yang sama pada opsi Use rounded corners for browser tabs.

Terakhir, silahkan kamu restart kembali Microsoft Edge Chromium kamu. Dan jika sudah selesai, maka tampilannya kini harusnya menjadi seperti pada gambar berikut.

Sedikit informasi kawan kawan, untuk mendapatkan efek transparan, kamu wajib mengaktifkan transparency effect Windows 11 kamu, karena jika tidak, maka fitur ini tidak akan berfungsi dengan sempurna.

Contohnya seperti ini

Apakah bisa di Windows 10?

Setelah saya coba, sayangnya karena memang di Windows 10 tidak ada Mica Effect opsi Show Windows 11 visual effects in title bar and toolbar tidak ada, namun kamu masih bisa mengaktifkan opsi Use rounded corners for browser tabs.

Nah silahkan dicoba guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.