Cara Aktivasi Windows 9 Dirombak Total untuk Mencegah Pembajakan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Windows adalah OS yang paling banyak dibajak di dunia. Untuk mengurangi jumlah pembajakan, Microsoft dikabarkan akan merombak total sistem aktivasi di Windows 9.

Nantinya aktivasi Windows 9 bakal terus terkait dengan akun Microsoft Store, internet, dan spesifikasi hardware yang kamu gunakan. Proses aktivasi tersebut kemungkinan bakal seperti ini:

Setelah membeli lisensi Windows 9 di Microsoft Store, kamu bisa langsung mendownload disk image Windows. Kamu tinggal burn file tersebut ke DVD dan melakukan proses instalasi. Aktivasi akan berlangsung secara otomatis begitu kamu login ke Microsoft Store. Kamu tidak perlu lagi memasukkan key secara manual, bahkan kamu sendiri tidak akan diberikan key apapun (yup..tidak akan ada key Windows lagi!). Windows akan langsung aktif dan menyimpan detail spesifikasi hardware PC di akun Microsoft Store.

Dengan begitu orang lain tidak dapat lagi menginstall dan mengaktifkan Windows tersebut di PC mereka tanpa login ke akun Microsoft Store kamu.

Kamu sendiri bisa menginstall dan mengaktifkan Windows di PC yang sama berkali-kali dalam jumlah yang tak terbatas. Jika ingin menginstall Windows tersebut di PC lain, maka kamu harus menonaktifkan dulu Windows di PC lama melalui Microsoft Store supaya bisa teraktivasi di PC yang baru.

Jika karena suatu hal ada orang lain yang menginstall Windows tersebut di PC mereka, atau Windows ini diaktifkan di lebih dari satu PC padahal kamu hanya membeli satu lisensi saja, maka dalam tiga hari aktivasi tersebut akan otomatis dibatalkan. Kamu akan mendapatkan notifikasi untuk membeli lisensi baru atau mematikan aktivasi di PC lain yang bukan milik kamu tersebut.

Sistem ini akan membuat pencurian key Windows original tidak bisa dilakukan lagi, bahkan diharapkan akan mempersulit pembajakan.

Namun seperti yang sudah-sudah, hal ini tidak menjamin Windows 9 akan bebas dari pembajakan 100%. Cracker sungguh sangat cerdik, terkadang semua hanya masalah waktu saja sebelum akhirnya mereka menemukan celahnya.

Bagaimana pendapat kamu tentang sistem aktivasi baru di Windows 9 ini? Mungkinkah hal ini akan membuat Windows 9 minim pembajakan?

via betanews

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.