Home Basic Cara Backup Catatan pada Sticky Notes di Windows 10

Cara Backup Catatan pada Sticky Notes di Windows 10

Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10 (1)

Sticky Note sudah lama berada pada ekosistem Windows, aplikasi ini sangat ringan dalam konsumsi resource serta mudah digunakan karena interfacenya yang sangat sederhana. Kamu dapat membuat catatan penting dengan cepat, yang mana akan terus tertampil pada bagian desktop, sehingga memudahkan kamu untuk mengingatnya.

Semenjak era Windows 10, Microsoft menggantikan Sticky Note lama dengan versi UWP. Dimana versi UWP ini memiliki beberapa fitur baru, diantaranya terintegrasiknya dengan Cortana untuk membuat reminder, atau mengirimkan email.

Jika kamu memiliki catatan penting, kamu bisa membackupnya. Bukan dengan menyalin note didalamnya, tetapi dengan membackup file Sticky Notes. Dimana setiap tulisan yang kamu ketik di Sticky Notes akan tersimpan pada file yang bernama plum.sqlite.

Backup Catatan pada Sticky Notes di Windows 10

  1. Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian copy path berikut untuk langsung menuju tempat dimana file plum.sqlite berada.
    %LocalAppData%\Packages\Microsoft.MicrosoftStickyNotes_8wekyb3d8bbwe\LocalState

    Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10 (3)

  2. Untuk membackup catatan pada Sticky Note, salin file plum.sqlite ketempat folder lain atau penyimpanan eksternal seperti Flashdisk, Hard disk eksternal.Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10 (2)

Dengan begitu kamu dapat memindahkannya ke PC lain melalui proses restore Sticky Notes.

Nah itu dia cara untuk melakukan backup terhadap catatan pada Sticky Notes di Windows 10. Jika kamu memiliki sebuah pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat :)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.