Home Basic Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10

Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10

Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10 (1)

Sticky Note sudah lama berada pada ekosistem Windows, aplikasi ini sangat ringan dalam konsumsi resource serta mudah digunakan karena interfacenya yang sangat sederhana. Kamu dapat membuat catatan penting dengan cepat, yang mana akan terus tertampil pada bagian desktop, sehingga memudahkan kamu untuk mengingatnya.

Semenjak era Windows 10, Microsoft menggantikan Sticky Note lama dengan versi UWP. Dimana versi UWP ini memiliki beberapa fitur baru, diantaranya terintegrasiknya dengan Cortana untuk membuat reminder, atau mengirimkan email.

Jika kamu memiliki catatan penting, kamu bisa membackupnya. Bukan dengan menyalin note didalamnya, tetapi dengan membackup file Sticky Notes. Dimana setiap tulisan yang kamu ketik di Sticky Notes akan tersimpan pada file yang bernama plum.sqlite.

Setelah melakukan proses backup Sticky Notes, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah merestorenya ketempat yang diinginkan. Entah itu PC lain atau user lain pada PC yang sama.

Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10

  1. Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian copy path berikut.
    %LocalAppData%\Packages\Microsoft.MicrosoftStickyNotes_8wekyb3d8bbwe\LocalState

    Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10 (2)

  2. Kemudian tempatkan file plum.sqlite (hasil dari backup sebelumnya), ke dalam folder tersebut (CTRL + V). Jika muncul peringatan tentang duplikasi file, pilih opsi Replace the file in the destination.Cara Restore Catatan pada Sticky Notes di Windows 10 (3)

Jika sudah, buka kembali aplikasi Sticky Notes dan kamu akan mendapati catatan yang telah dibackup sebelumnya.

Nah itu dia cara untuk melakukan restore terhadap catatan pada Sticky Notes di Windows 10. Jika kamu memiliki sebuah pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.