Meskipun tampak sederhana, Quick Access di Windows 10 menurut saya sangat bermanfaat sekali, karena dengan itu kita bisa dengan mudah dan dengan cepat mengakses folder atau directory yang telah kita pin disana.

Namun, hal yang cukup mengesalkan sering saya alami sendiri, ketika ketika kita melakukan clean install, maka tentu seluruh konfigurasi dan folder yang telah di Pin di Quick Access akan menghilang, dan kita harus melakukan pinning secara manual kembali.

Mengenai hal tersebut, tahukah kamu bahwa kita sebenarnya dapat melakukan backup dan restore pada folder Quick Access tersebut? jika kamu belum tahu, berikut WinPoin rangkum langkah langkahnya agar kita bisa dengan mudah memindahkan dan menyimpan konfigurasi lama di system yang baru.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Run Command (ketik Win + R) dan masukkan nilai berikut:

%AppData%\Microsoft\Windows\Recent\AutomaticDestinations

Klik enter, maka kamu akan melihat beberapa file seperti pada gambar berikut.

Nah selanjutnya silahkan kamu copy seluruh file tersebut ke folder yang aman untuk selanjutnya kamu restore ketika proses install ulang selesai.

Langkah 2. Jika clean install sudah selesai, maka kamu cukup paste saja file yang telah di copy sebelumnya ke folder berikut kembali.

%AppData%\Microsoft\Windows\Recent\AutomaticDestinations

Bagaimana sangat simpel dan sederhana bukan?, tentu langkah ini akan sangat bermanfaat ketika kamu melakukan pin banyak folder dari locak disk D dan E atau yang lainnya, karena cukup sulit untuk melihat dan melakukan pinning ulang seandainya ada banyak file dan folder yang kamu simpan di Storage yang kamu gunakan.

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

Referensi : WinAero

  10 Alasan Beli OPPO Band! Smartband Irit Fitur Komplit!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.