Windows 10 datang dengan pre-install modern apps seperti Groove Music, Movies & TV, Photos, dll. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan aplikasi lainnya dengan cara download melalui Microsoft Store.

Jika ingin, kamu bisa memblokir akses ke Microsoft. Hal ini berguna pada kasus tertentu seperti tidak ingin membiarkan orang lain menginstall aplikasi secara sembarangan.

Tetapi perlu kamu ketahui, semenjak Windows 10 versi 1511, cara ini hanya bekerja pada edisi Enterprise dan Education saja. Dengan kata lain, tidak dapat kamu gunakan pada edisi Home atau Professional.

Kamu bisa menggunakan cara melalui Group Policy Editor, atau melalui Registry Editor, yang mana akan dibahas pada artikel kali ini.

Blokir Akses ke Microsoft Store di Windows 10 dengan Registry Editor

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\WindowsStore
  3. Pada subfolder Microsoft, klik kanan dan pilih New – Key. Kemudian beri nama WindowsStore.
  4. Pada panel kanan di subfolder WindowsStore, klik kanan dan pilih New – DWORD (32-bit). Kemudian beri nama RemoveWindowsStore.
  5. Klik 2x pada key baru tersebut, lali beri value 1. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  6. Done.

Setelah proses selesai, maka akan muncul pesan “The store app is blocked, check your IT or system administrator” ketika ingin membuka Microsoft Store.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melakukan yang sama seperti diatas dan mengganti value menjadi 0 pada langkah ke-5.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.