Seperti yang telah kita tahu, Rufus 3.18 telah menghadirkan Kemampuan Bypass TPM Untuk In-Place Upgrade Windows 11, selain itu kita juga bisa melakukan bypass pada instalasi Windows 11 untuk metode clean install, dengan kata lain kita bisa bypass TPM dan Secure Boot yang memang dibutuhkan Windows 11 dengan menggunakan Rufus.

Nah jika kamu penasaran bagaimana untuk melakukan bypass TPM dan Secure Boot Windows 11 menggunakan Rufus, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Sebelum dimulai, saya ucapkan terima kasih pada teman teman di Twitter yang sering memberikan ide ide menarik dan membantu saya ketika kesulitan dalam menangani masalah dunia perwindowsan.

Cara Bypass Instalasi Windows 11 Dengan Rufus

Langkah 1. Pertama siapkah USB Flashdrive berukuran minimal 8 GB dan sebuah file ISO Windows 11.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu download Rufus terbaru yang dapat kamu download pada halaman berikut. Disini saya akan menggunakan versi 3.18 yang kebetulan masih menjadi versi stabil paling baru.

Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu masukkan Flashdrive kamu ke Laptop/PC kamu, dan kemudian silakan kamu buka Rufus yang telah kamu download sebelumnya. (*Pastikan seluruh data di Flashdrive telah kamu backup terlebih dahulu. )

Setelah rufus terbuka, pastikan pada bagian Device itu mengarah pada Flashdrive kamu, selanjutnya silahkan kamu klik Select pada bagian Boot selection untuk memilih dan memasukkan file ISO Windows 11 yang kamu miliki.

Langkah 4. Setelah file ISO Windows 11 kamu pilih, selanjutnya pada aplikasi Rufus, pada bagian Image option silahkan kamu set ke Extended Windows 11 Instalation (no TPM / no Secure Boot).

Langkah 5. Terakhir silahkan sesuaikan Partition scheme Bootable yang akan kita buat, pastikan sesuai dengan perangkat kamu, entah itu BIOS Legacy dengan MBR atau UEFI dengan GPT nya.

Jika semuanya sudah selesai kamu konfigurasi, sekarang saatnya untuk menekan tombol START. Setelah itu, kita cukup tunggu saja proses pembuatan Bootable Windows 11 menggunakan Rufus selesai.

Setelah selesai, sekarang Bootable tersebut sudah dapat kamu gunakan untuk melakukan instalasi Windows 11, bahkan jika di perangkat yang tidak sesuai dengan minimun requirement Windows 11.

Silahkan dicoba guys, semoga artikel ini bermanfaat.

Thanks to : Reno, James, dan kawan kawan lain di Twitter.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.