Seperti yang kita tahu, Windows 10 mendukung beberapa orientasi layar yang diantaranya ada Landscape, Portrait, Landscape (flipped), dan Portrait (flipped), kita bisa dengan mudah mengatur orientasi tersebut pada halaman Settings > System > Display > Scale and layout > Display orientation.

Namun dalam beberapa kasus dimana perangkat PC, pengguna bisa dengan mudah mengatur orientasi layar tersebut hanya dengan menggunakan keyboard shortcut loh, Hanya saja, cara ini hanya berlaku untuk PC dengan graphic driver yang mendukung ya, karena jika tidak mendukung, menjalankan hotkeys ini tidak berpengaruh apa apa.

So berikut adalah hotkeys sakti untuk memutar dan mengatur orientasi layar :

  • CTRL + ALT + panah kiri = memutar 90 derajat ke kiri
  • CTRL + ALT + panah kanan = memutar layar 90 derajat ke kanan
  • CTRL + ALT + panah atas = kembali le landscape normal
  • CTRL + ALT + panah bawah = memutar layar 180 derajat

Sedikit Bercerita…

Ketika saya semester 6 perkuliahan, waktu itu kebetulan saya masuk pagi di jam 7.40, seperti biasa rame banget nih kalo pagi, terutama dengan absensi fingerprint dikoridor gedung perkuliahan.

Saya ada kelas di lantai 2, dan disana kebetulan sama sama rame dan saya jadi males buat absen masuk, naiklah saya ke lantai 3, setelah saya naik tangga dengan rasa malas dipagi hari yang selalu menyerang tubuh saya, saya melihat banyak banget mahasiswi yang mungkin dari jurusan manajemen atau bisnis angkatan bawah, mereka ketawa ketawa nih dan lama banget mereka absen masuk, saya kira ketawa dan lama karena apa, eh ternyata karena si orientasi layar di PC yang terhubung fingerprint tersebut jadi potrait, sehingga agak susah untuk melihat informasi didalam layar.

Berhubung saya males ke lantai 4 untuk absen masuk, karena kejauhan kalo harus turun lagi ke lantai 2, saya samperin aja nih mahasiswi mahasiswi ini.

“permisi ladies” ucap saya yang ternyata cuma dalam hati. “punten teh”/”permisi kak” ucap mulut saya yang sebenarnya. Kemudian sebagian dari mereka agak minggir nih, tapi ada juga yang ngomong saya nyerobot antrian, padahal emang niatnya gitu., kemudian saya cek keyboardnya dan langsung tekan salah satu hotkey sakti diatas, dan dengan sekejap orientasi menjadi landscape kembali, selanjutnya saya absen masuk dan berjalan menjauhi gerombolan mahasiswi itu yang masih bertanya tanya dalam rasa penasaran “loh kok bisa gitu”.

Saya berjalan menjauh, dan terus berjalan dengan rasa bangga.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.