Terkadang Audio di Windows 10 yang saya gunakan suka error dan tidak keluar outputnya, hal ini biasanya terjadi jika saya memasang headset atau speaker melalui port audio jack 3.5 lalu perangkat saya sleep dan port saya lepas dalam keadaan sleep.

Nah ketika perangkat nyala kembali dari kondisi sleep, kadang audio tidak keluar dan system mendeteksi bahwa output masih melalui audio jack 3.5 itu, bukan dari internal speaker laptop. Masalah ini terjadi dihampir semua perangkat Windows 10 saya, dan mungkin kamu juga mengalaminya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada sedikit trik sederhana yaitu dengan menggunakan Windows Troubleshoot, dan berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Klik kanan pada icon Audio/Volume di pojok kanan Taskbar.

Langkah 2. Seperti gambar diatas, klik pada bagian ‘Troubleshoot sound problems’, kemudian scanning problem akan dimulai.

Jika ada pilihan Turn off Sound Effects and Enchancements, klik saja No, Do not open Audio Enchancements.

Langkah 3. Pada Saat proses scanning biasanya jika system Windows 10 menemukan sebuah masalah, yang sudah saya jelaskan diawal artikel, biasanya system akan langsung memperbaiki Audio, dan kini sudah bisa mengeluarkan output dengan normal kembali.

Nah simpel sekali bukan? langkah ini adalah hal basic yang bisa kalian lakukan jika menemukan masalah dengan Audio di Windows 10 kalian nih, tapi beda halnya jika driver kalian rusak dan perlu direinstal atau bahkan perangkat speaker kalian yang mengalami masalah, tentunya Windows Troubleshoot tidak akan mampu menanganinya.

Nah itu diatas adalah salah satu masalah yang sering muncul di Windows 10 saya, apa kalian juga pernah mengalaminya? jika iya langkah apa yang kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

  Android 11 Mundur, Fitur Baru Twitter dan YouTube 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.