Jika kamu tidak ingin merubah pengaturan apapun di Windows 11 kamu, dan mungkin perangkat kamu ingin dipinjamkan ke saudara atau teman dan takut adanya pengaturan yang diubah melalui aplikasi Settings, kenapa tidak kita nonaktifkan saja untuk sementara?

Nah untuk menonaktifkan / disable ini sendiri sebenarnya sangat mudah sekali, dimana selain Settings, Control panel juga tidak akan bisa pengguna akses selama pengaturan yang akan kita lakukan masih berlaku dan aktif. Langsung saja deh, jika kamu penasaran, berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Group Edit Policy.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu navigasi ke User Configuration > Administrative Templates > Control Panel

Langkah 3. Kemudian, pada bagian Prihibit access to Control Panel and PC Settings, silahkan kamu double click dan buah dari Not configured menjadi Enabled.

Langkah 4. Klik OK kemudian Restart Windows 11 kamu, dan selesai deh, sekarang aplikasi Settings dan Control Panel tidak bisa lagi diakses.

Langkah Yang Sama Dengan Registry Editor

Nah khusus untuk kamu pengguna Windows 11 Home, langkah diatas sayangnya tidak bisa ya, karena di versi Home, system tidak menyediakan Edit group policy sehingga kita harus menggunakan langkah alternatif yang mana menggunakan Registry Editor.

Langkah 1. Pertama buka Registry Editor.

Langkah 2. Kemudian navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

Pada registry key tersebut, silahkan klik kanan New > DWORD (32-bit) Value, kemudian buat dengan nama NoControlPanel

Kemudian ubah Value data dari 0 menjadi 1.

Langkah 3. Klik OK kemudian Restart Windows 11 kamu, dan selesai deh, sekarang aplikasi Settings dan Control Panel tidak bisa lagi diakses.

Nah silahkan dicoba guys, semoga bermanfaat.

Cara Mengembalikannya

Di Group Edit Policy dan User Configuration > Administrative Templates > Control Panel, silahkan kamu ubah kembali Prihibit access to Control Panel and PC Settings, dari Enabled menjadi Not configured.

Dan jika kamu menggunakan Registry Editor, silahkan kamu hapus NoControlPanel dari HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.