Selain dapat menginstall dan melakukan update aplikasi, Winget pada awal tahun 2021 lalu juga telah mendapatkan fitur Uninstall, kamu bisa membaca artikel mengenai hal tersebut pada halaman WinPoin berikut. Bahkan sebelumnya, WinPoin juga pernah menuliskan artikel mengenai Cara Uninstall OneDrive Menggunakan Perintah WinGet yang tentunya sangat bermanfaat untuk kamu coba.

Nah selain itu, kita juga bisa menghapus hampir semua aplikasi terinstall di Windows 10 atau di Windows 11 dengan menggunakan Winget, meskipun langkah ini terlihat lebih rumit dibandingkan melakukan uninstall via halaman Settings, namun menurut saya justru langkah ini lebih mudah. Penasaran bagaimana langkahnya? berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Windows Terminal atau Command Prompt Run as Administrator.

Langkah 2. Selanjutnya, silakan kamu masukkan perintah berikut untuk mengecek App ID dari aplikasi yang akan kamu hapus.

winget uninstall

Nah tepat seperti pada gambar diatas, disana ada banyak sekali daftar nama aplikasi yang telah terinstall di system operasi yang kita gunakan, misalkan disini saya akan menghapus aplikasi CrystalDiskMark, maka kita butuhkan hanya ID dari aplikasi tersebut saja.

Langkah 3. Untuk menghapus, setelah kamu menyalin ID dari aplikasi yang akan kamu hapus, silahkan kamu masukkan perintah berikut:

winget uninstall --id APP-ID

Atau dalam kasus saya adalah

winget uninstall --id CrystalDewWorld.CrystalDiskMark

Terakhir klik Enter, dan selanjutnya proses uninstall akan berjalan, kamu tinggal ikuti saja perintah yang winget atau uninstaller minta, misalkan seperti konfirmasi User Account Control atau semacamnya.

Mudah bukan? silahkan dicoba guys, semoga bermanfaat.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.