Jika kamu merasa tampilan Start Menu yang ada di Windows 10 kamu kurang rapi dan berantakan, kamu bisa sedikit mengubah beberapa komponennya, tanpa menghilangkan fungsi dan aplikasi yang ada didalamnya. Misalkan saja menghilangkan Pinned Apps di Start Menu seperti yang saya lakukan, toh enggak pernah saya pin dan saya buka dari pinned di start menu juga.

Cara Hilangkan Daftar Aplikasi Dari All Apps di Windows 10!

Namun meski sudah tidak ada Aplikasi yang di Pin di Start Menu, tetap saja tampilan All Appsnya masih berantakan dan penuh dengan aplikasi yang bahkan enggak pernah saya klik sekalipun. Misalkan saja dalam Folder Windows Admininstrative Tools, siapa yang sering buka lewat Start Menu? karena meskipun sering dibuka, pastinya lebih mudah dengan mengetikan nama aplikasinya menggunakan fitur Search, atau Run Command kan?

Nah dikarenakan hal tersebut, Winpoin akan berikan sebuah tutorial tentang Hilangkan Daftar Aplikasi Dari All Apps di Windows 10!.

#Kamu gak harus juga untuk menghapus seluruh folder seperti ditutorial ini, kamu bisa menghilangkan shortcut aplikasi yang menurutmu kurang rapi dan gak harus ada disana saja.

Langkah Pertama “Hilangkan Dari User Account Yang Digunakan”

Langkah ini yang paling umum dan banyak digunakan, Pertama masuk ke Directory “%AppData%\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs“, Kamu bisa mengetikannya di Start menu atau di Address Bar File Explorer.

Cara Hilangkan Daftar Aplikasi Dari All Apps di Windows 10!

Selanjutnya tinggal hapus aja aplikasi yang menurut kamu jarang banget kamu gunakan dan klik darisana. Contohnya aplikasi Steam akan saya pindahkan keluar, dan semua shortcut Game yang terinstal akan saya hapus dari Folder Steam itu sendiri.

Selesai, jika aplikasi masih menampilkan diri di All Apps, artinya aplikasi tidak terinstal di User Account, namun terinstal dari seluruh Account. Silahkan lanjutkan ke Langkah Kedua.

Langkah Kedua “Hilangkan Dari Seluruh Account User”

Maksud hilangkan disini hanya menghilangkan tampilannya, dan sepenuhnya tidak mengganggu system ya. Pertama tama, masuk ke Directory “%ProgramData%\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs“.

Bisa dilihat seperti gambar diatas, saya sudah menghapus beberapa folder dan komponen dari langkah pertama tadi.

Jika menurut kamu sudah rapi dan simple, langsung saja Cek Start Menu kamu, dan All Apps yang ada didalamnya.

Selesai, namun perlu diketahui juga, cara diatas belum bisa menghapus daftar aplikasi Modern/ UWP karena penyimpanan shortcutnya berbeda lokasi dan bisa saja memberikan efek buruk bagi Windows 10 Sendiri.

Thats it, sebenarnya menghilangkan daftar aplikasi ini hanya disukai beberapa orang yang ingin menjadikan tampilan Windows 10 nya Rapi, Minimalis, dan Simple, jadi jika kamu merasakan hal yang sama dengan saya, yang suka risih dengan banyaknya shortcut di desktop dan folder yang berantakan, komentar dibawah. 😁

 

  11+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Realme 3 Pro 

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.