Di Windows 10 atau di Windows 11, kita mungkin terbiasa dengan Task Manager untuk melihat system usage baik itu RAM, CPU atau Disk Usage, sama halnya dengan melihat dan memonitor process yang berjalan dan hal lainnya.

Nah lalu di Windows Subsystem For Linux, apakah hal tersebut juga bisa?, tentu saja bisa guys, meskipun berbasiskan Command Line Interface, kita bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama htop untuk melihat system usage yang sedang berjalan melalui Windows Subsystem for Linux.

Untuk langkahnya sangat mudah sekali guys, pertama pastikan dulu bahwa htop telah terinstall di WSL kamu, silahkan kamu masukkan perintah berikut.

sudo apt-get install htop

Jika belum terinstall, silahkan install seperti biasa, mulai dari memasukkan password root kamu, kemudian mengkonfirmasi instalasi dengan menekan tombol y. Dan jika sudah terinstall, selanjutnya silahkan kamu masukkan saja perintah berikut.

htop

Maka htop akan terbuka dan akan menampilkan informasi seperti pada gambar berikut.

Nah dapat kamu lihat, bahwa ada empat process yang berjalan di WSL saya, kamu bisa melakukan filter, kill dan lainnya dengan sejumlah kontrol yang dapat kamu lihat pada bagian bawah htop.

Meskipun sederhana, namun aplikasi ini cukup powerfull untuk kita gunakan sebagai pengganti Task Manager di Linux atau di WSL guys.

Silahkan kamu coba, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.