Home PC Cara ‘Memaksa’ Aplikasi Memakai GPU Nvidia

Cara ‘Memaksa’ Aplikasi Memakai GPU Nvidia

Semua laptop dengan prosesor Intel selalu menggunakan Intel HD Graphic sebagai GPU utamanya. Namun untuk laptop menengah keatas, terutama yang mengutamakan performa diatas mobilitas, kebanyakan menambahkan discrete GPU. Discrete GPU yang paling umum ditemui adalah dari Nvidia dan AMD Radeon. Sayangnya, kombinasi antara Intel dengan Nvidia GeForce tidak se-klop AMD dengan Radeon. Kadang beberapa aplikasi galau memilih memakai HD Graphic atau GeForce.

Nah, berikut cara memaksa aplikasi agar memilih Nvidia GeForce dibanding HD Graphic:

1. Klik kanan di desktop – Pilih Nvidia Control Panel

2. Masuk ke halaman Manage 3D Setting – Lalu pilih program setting

Discrete GPU (2)_Ink_LI

3. Pilih aplikasi yang sekiranya akan kamu ganti settingnya. Dalam contoh ini saya memilih Photoshop yang secara default menggunakan GPU Bawaan. Jangan lupa juga centang “Show only program bla bla…”

4. Pilih GPU yang ingin kamu gunakan – Klik Apply, selesai deh. Sekarang Photosop akan memilih menggunakan GeForce dibandingkan HD Graphic.

Discrete GPU (1)

Sebenarnya kamu bisa secara langsung mengubah semua aplikasi menggunakan GeForce melalui Global Setting (sebelahnya program setting). Namun, dampaknya adalah daya tahan baterai akan berkurang drastis dibandingkan membagi pekerjaan antara GeForce dan HD Graphic.

Sejatinya mereka berdua adalah teman baik, saling membantu satu sama lain. Jadi, kan kasihan kalau cuma memilih salah satu kemudian meninggalkan yang lain bukan? Namun buat kamu yang tidak mementingkan masalah baterai, mungkin kamu lebih baik menyetting laptopmu agar memilih GeForce saja, karena ya secara kelas saja sudah beberapa tingkat lebih tinggi dibanding HD Graphic. Nah, bagaimana denganmu? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.