Home Editorial Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

Minggu kemarin, WinPoin sudah membagikan review mengenai salah satu emulator Android terbaik yang ada saat ini yakni Remix OS Player. Kamu bisa baca reviewnya pada halaman berikut ini. (Baca: Review Remix OS Player: Emulator Android yang Nyaris Sempurna!)

Nah, pada kesempatan kali ini WinPoin masih akan melanjutkan penelusuran mengenai emulator Android terbaik untuk PC, dan menurut saran salah satu orang yang sudah tidak asing lagi di forum WinPoin yakni Z.A.Y, ada salah satu emulator Android yang cukup ringan dan performanya cukup baik yakni MEmu.

Awalnya, WinPoin sedikit terkejut ketika pada halaman utama MEmu kamu akan disuguhkan hasil benchmark dari beberpa smartphone Android dan juga emulator Android seperti berikut ini:

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

Percaya tidak percaya kamu akan melihat bahwa hasil benchmark dari emulator MEmu berada pada posisi yang lebih baik dari beberapa ponsel flagship Android seperti Samsung Galaxy Note 5, Galaxy S6, Xiaomi Note Pro dan Sony Xperia Z4. Namun benarkah demikian?

Maka dari itu pastikan kamu baca review dari (emulator Android) MEmu versi WinPoin berikut ini:

# Spesifikasi

Dari spesifikasi, emulator Android MEmu terbilang cukup ramah. Tidak ada batasan spesifikasi seperti pada Remix OS Player. Berikut spesifikasi minimum untuk dapat menjalankan MEmu:

  • OS (Windows XP SP3 / 7 / 8.1 / 10)
  • Prosesor Intel / AMD
  • RAM 2 GB.
  • Ruang Kosong Hardisk 5 GB

WinPoin menjalankan emulator Android MEmu pada laptop Lenovo G40-45 yang memiliki spesifikasi seperti berikut ini:

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

  • OS (Windows 10 64-bit)
  • Prosesor AMD A8-6410
  • RAM 8GB
  • Storage 512 GB

Jika dilihat dari spesifikasi, Lenovo G40-45 ini terbilang cukup mumpuni untuk menjalankan (emulator Android) MEmu, karena spesifikasi minimum untuk menjalankan MEmu tidaklah terlalu spesifik (khusus) dan juga tinggi seperti Remix OS Player.

 

#Tampilan

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

Untuk tampilan, bisa dibilang bahwa (emulator Android) MEmu tidaklah sebaik tampilan dari Remix OS. Namun, tampilan MEmu tidaklah terlalu buruk kamu masih dapat mengetahui berbagai macam pengaturan dan yang lainnya karena tampilannya sendiri tak begitu asing.

MEmu terbagi dalam dua versi ada yang masih menggunakan Android Kitkat dan ada juga yang sudah menggunakan Lollipop, namun untuk Lollipop masih terdapat banyak sekali bug dan permasalahan sehingga WinPoin putuskan untuk menggunakan versi Kitkat.

Berikut adalah beberapa tampilan dari MEmu:

 

#Performa

Untuk performanya sendiri tidak seperti yang disuguhkan oleh data benchmark milik MEmu, selama WinPoin menggunakan emulator ini seringkali terjadi masalah, salah satu yang paling sering terjadi adalah respon yang selalu telat (terlambat). Namun, itu hanya terjadi setiap kali kamu mengaktifkan (menjalankan) MEmu, setelahnya maka akan normal kembali seperti menjalankan Android pada ponsel biasa.

WinPoin jarang sekali menemukan FC (Force Close) ataupun not responding selama menggunakan emulator ini. Namun sayang, jika kamu menggunakan MEmu maka ruang gerak kamu seakan terbatas. Pada emulator Android ini kamu hanya akan mendapatkan space RAM sebesar 1GB dan juga penyimpanan sebesar 5GB.

Walaupun WinPoin belum menjajal AnTuTU Benchmark pada emulator ini, tapi sepertinya sangat tidak mungkin sekali jika skor MEmu bisa melebihi skor benchmark miliki Galaxy Note 5 jika spesifikasi yang didapatkan pengguna MEmu terkesan alakadarnya.

Namun, secara keseluruhan performa MEmu tidaklah terlalu buruk dan yang terpenting MEmu mendukung perangkat yang memiliki spesifikasi rendah seperti laptop saya ini. :)

 

#Fitur

Fitur MEmu tidaklah terlalu berbeda dengan Remix OS Player, sudah ada Play Store bahkan hingga menejmen RAM dan file explorer pun sudah tersedia.

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

Tidak berbeda dengan Remix OS, MEmu juga memiliki penyimpanan sendiri, menejemen RAMnya sendiri dan pengaturannya sendiri. Jadi, emulator ini bagaikan OS Android sebenarnya yang ada pada PC Windows. Jadi, kamu harus perhatikan berbagai aspek tersebut sebelum kamu menginstall game ataupun aplikasi dari Play Store.

 

#Kelemahan MEmu

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh MEmu, namun ada juga beberapa kelemahannya. Berikut adalah daftar kelemahan MEmu:

  • Sama seperti Remix OS Player, jika kamu terlalu sering menggunakan MEmu maka baterai laptop kamu akan cepat habis jadi lebih baik menggunakan emulator pada PC.
  • Kuota internet yang kamu gunakan menjadi dua kali lipat lebih banyak
  • Tampilannya kurang begitu menarik
  • RAM begitu kecil (1GB)
  • Penyimpanan begitu terbatas (5GB)

Terlepas dari semua kelemahan tersebut, MEmu memberikan sesuatu yang tak kamu dapatkan pada Remix OS Player yakni dukungan untuk semua Hardware PC baik itu yang rendah sekalipun, sehingga sangat layak sekali jika kamu ingin mencoba sensasi Android pada PC melalui emulator Android MEmu, karena selain performanya terbilang cukup baik kamu juga tak perlu risau mengenai spesifikasi PC kamu.

Nah, begitulah gaes review dari (emulator Android) MEmu versi WinPoin. Jika kamu punya pertanyaan seputar MEmu yang ingin ditanyakan silakan bertanya di kolom komentar dan buat kamu yang ingin mengunduh MEmu silakan gunakan link berikut

Download MEmu

Jika ada waktu, Minggu depan WinPoin akan coba review salah satu emulator Android yang lainnya yakni Nox. Jadi, pastikan kamu selalu kunjungi WinPoin :)

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘