Home PC Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

 

WinPoin yakin, banyak diantara kamu yang mempunyai flashdisk. Ya, si kecil satu ini memang jadi tempat andalan untuk mengirim, menerima dan menyimpan data yang bisa dibawa kemana saja. Tak heran, jika sebagian dari kamu menyimpan data-data penting di dalamnya. Nah, karena sifatnya yang portable ini, flashdisk dengan cepat berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Alhasil, data penting kamu disana bisa saja diintip atau dipakai untuk kepentingan mereka yang membawanya.

Pasti kamu gak mau kan data-data kamu disana diambil tanpa sepengetahuanmu? Kali ini WinPoin bakal memberi tips buat kamu untuk proteksi flashdisk kesayanganmu, yaitu dengan password. Tentunya, hanya kamu yang bisa membuka dan mengakses data-data di flashdisk. Ingin tahu caranya? Simak terus sampai ke bawah, ya?

1. Buka flashdisk, dan tambahkan folder baru dengan nama sesuai keinginanmu. Pindah data-data di flashdisk ke folder baru yang telah kamu buat. Dalam tutorial ini, WinPoin buat Folder dengan nama Test.

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

 

2. Jika sudah, buka Command Prompt. Ketik drive letter flashdisk kamu lalu tekan enter. Selanjutnya, ketik attrib Test +s +h . Ganti Test sesuai nama folder kamu.

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

 

3. Buka notepad, dan ketikkan perintah seperti gambar di bawah. Pada baris kedua (set pass), ganti password sesuai keinginan. Dan baris terakhir (start), isi dengan nama folder yang telah dibuat.

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

 

4. Simpan di flashdisk dengan tipe file .bat. Coba buka file tersebut. Berhasil?. Kini data kamu bisa terlindungi dengan file tersebut.

Eits, belum selesai sampai disitu. Bagaimana jika sesorang tahu password kamu dengan cara klik kanan > Edit? Ya, itu permasalahan yang harus dituntaskan. Oke, lanjut?

5. Download aplikasi konverter dari .bat ke .exe. Disini, WinPoin menggunakan aplikasi bernama Advaced Bat to Exe Converter yang bisa kamu download disini. Atau kamu juga punya aplikasi lain untuk mengkonversikannya. Oiya, hati-hati dalam mendownload aplikasi converter tersebut. Karena bisa jadi antivirus di komputer kamu bisa mendeteksinya sebagai virus. Jadi, pilih aplikasi yang aman menurut komputer kamu, ya?

6. Setelah download, buka aplikasi tersebut dan buka file .bat. Atau kamu juga bisa copy code yang ada di notepad.

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

 

7. Pilih compile yang selanjutnya akan diarahkan ke dialog box baru dan pilih Build Exe.

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

8. Kamu akan melihat pada flashdisk kamu yang terdapat file .exe. Sekarang, hapus file .bat. Sekarang, password kamu tidak bisa diintip lagi, deh!

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password
Mudah, bukan?. Sekarang, data kamu akan aman dari tangan-tangan jahil dan mata pengintip. Jika kamu mempunyai tips lain, yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya?

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

“You can if you think you can” | Computer Science Student