Jika kamu menggunakan laptop untuk aktivitas komputasi sehari-hari kamu, maka kamu akan mendapati bahwa sebagian besar laptop menengah ke atas memiliki dual graphics processor atau GPU ganda. Dual VGA ini bermanfaat dalam skema di mana jika kamu memerlukan proses komputasi intensif GPU seperti bermain game atau mengolah foto atau video, maka digunakan GPU yang lebih kuat. Sedangkan dalam pemakaian GPU ringan seperti mengetik atau browsing, maka biasanya digunakan GPU standar (dalam laptop yang didayai prosesor Intel, biasanya berkode Intel HD). Windows 10 April 2018 Update memberikan fleksibilitas baru dalam pengaturan GPU ini. Kini kamu bisa memutuskan sendiri ingin menggunakan sistem GPU apa untuk membuka aplikasi spesifik.

Caranya sangat mudah! Kamu tinggal menuju Settings > System > Display. Gulir ke bawah, maka kamu akan mendapati opsi Graphics settings. Nah, dengan mengklik bagian tersebut, kamu akan mendapatkan halaman yang memberikan opsi untuk mengustomisasi preferensi kinerja grafik untuk aplikasi spesifik. Ada dua tipe aplikasi yang dapat kamu pilih, yaitu Universal App dan Classic App.

Universal app adalah aplikasi yang dapat kamu beli atau download melalui Microsoft Store. Sementara Classic app yang dimaksud di sini adalah aplikasi bertipe win32 yang biasa kita jumpai di versi Windows sebelum Windows 8.

Dengan menekan tombol browse, maka kamu akan dapat memilih aplikasi mana yang ingin diatur preferensi GPU-nya. Sebagai contoh di sini saya menggunakan game Heroes & Generals, sebuah game first person shooter yang cukup intensif GPU. Di sini saya mendapatkan opsi untuk power saving atau high performance.

Dengan memilih high performance, maka saya akan mendapatkan kinerja tinggi meskipun mengorbankan daya tahan baterai untuk mendorong kinerja VGA ke tingkat yang optimal. Sebaliknya, saya juga bisa mengatur agar kinerja VGA mengutamakan hemat daya. Jika menggunakan opsi ini, biasanya yang digunakan adalah integrated VGA atau bawaan dari chip laptopt tersebut.

Dengan menentukan preferensi sendiri mengenai sistem GPU mana yang akan dipakai untuk menjalankan sebuah software, maka kita akan mudah mendapatkan orientasi kinerja yang kita inginkan, apakah ingin mengutamakan hemat daya, ataukah ingin mengoptimalkan kinerja laptop untuk keasyikan bermain game atau rendering foto/video.

Nah, bagaimana pendapat kamu tentang fitur baru Windows 10 April 2018 Update ini? Apakah kamu punya saran tersendiri tentang cara memanfaatkan fitur ini? Bagikan wawasan kamu di kolom komentar!

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.