Browser Opera memiliki fitur yang bernama Autocomplete URLs, dimana fitur ini akan mengisi alamat URL secara otomatis yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Misalnya saja jika sebelumnya sudah pernah membuka winpoin.com, maka kamu kedepannya cukup mengetikan huruf ‘W’ dan alamat URL akan terisi dengan Winpoin.com secara otomatis. Perlu kamu ketahui, alamat yang akan terisi berdasarkan alamat yang sering dikunjungi.

Tetapi disisi lain, fitur ini mungkin sedikit mengganggu untuk kamu yang concern terhadap privacy, dimana orang lain bisa mengetahui alamat apa yang sering dibuka. Jika kamu salah satu diantaranya, untungnya kamu dapat mematikan fitur ini dengan mudah.

Baca juga tutorial Opera lainnya:

Mematikan Autocomplete URL di Opera

  1. Buka Opera.
  2. Masukan alamat opera://settings/privacy pada kolom URL.
  3. Swipe ke kanan (off) pada opsi Use a prediction service to help complete searches and URLs typed in the address bar untuk mematikan fitur Autocomplete URLs.
  4. Terakhir kamu perlu menghapus history pada Browser dengan memasukan alamat opera://settings/clearBrowserData. Dengan menghapus History, maka kedepannya Google Chrome tidak akan melakukan Autocomplete URLs.
  5. Done.

Itu dia cara untuk mematikan Autocomplete URLs di Opera. Kamu dapat melalui langkah yang sama jika ingin mengaktifkannya kembali.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.