Untuk mempercepat proses ketika membuka suatu halaman, Opera memanfaatkan fitur Page Prediction. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memprediksi halaman yang akan kamu buka (misalnya saja ketika menujuk pointer mouse ke sebuah tautuan, ataupun saat mengetikan sebuah alamat website di kolom URL) sehingga browser akan me-load halaman tersebut secara background. Sehingga ketika diklik, maka proses membuka halaman menjadi lebih cepat.

Meskipun berguna, fitur ini cukup memakan resource terhadap bandwidth internet. Untuk sebagian orang mungkin fitur ini tidak akan berguna, karena belum tentu tautan yang tujuk akan dibuka, sehingga akan boros bandwidth.

Maka ada baiknya untuk mematikan fitur Page Prediction jika tidak ingin menggunakannya.

Baca juga tutorial Opera lainnya:

Mematikan Page Prediction di Opera

  1. Buka browser Opera.
  2. Ketikan halaman opera://settings/privacy pada kolom URL.
  3. Swipe ke kiri (off) pada dua opsi, yakni Use a prediction service to help complete searches and URLs typed in the address bar dan Preload pages for faster browsing and searching.
  4. Done.

Setelah proses selesai, maka Opera tidak akan lagi melakukan prediksi terhadap halaman yang akan kamu buka. Kamu bisa mengikuti kembali langkah-langkah yang sama untuk mengaktifkan kembali fitur Page Prediction.

  Mending Ini Daripada Microsoft Office..?? 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.