Cara Mematikan Superfetch di Windows 10 (1)

Dalam hal untuk mempercepat pemerosesan data di Windows 10, sistem memanfaatkan service yang bernama Superfetch. Service ini sudah ada pada versi Windows sebelumnya dengan nama yang berbeda yakni Prefetcher.

Secara default, service Superfetch otomatis berjalan ketika booting Windows. Jadi service ini bertanggungjawab untuk menyimpan informasi program sehingga dapat mempercepat proses pada sistem yang kemudian akan digunakan pada proses yang akan datang, jadi sangat membantu dalam hal memanfaatkan memory yang ada.

Tetapi service ini sering kali menjadi biangkerok ketika disk usage menjadi 100%. Jika demikian, tidak ada salahnya untuk mematikan servie Superfetch.

Mematikan Superfetch di Windows 10

  1. Buka Windows Run (Win + R), kemudian ketikan services.msc.Cara Mematikan Superfetch di Windows 10 (2)
  2. Kemudian scroll kebawah hingga kamu menemukan service Superfetch. Jika sudah, klik 2x untuk membuka properties.Cara Mematikan Superfetch di Windows 10 (3)
  3. Lalu pada status type, buka menu drop-down dan pilih opsi Disabled. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Mematikan Superfetch di Windows 10 (4)
  4. Done.

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mematikan service Superfetch yakni melalui Command Prompt as Administrator lalu mengetikan perintah dibawah ini.

sc stop "SysMain" & sc config "SysMain" start=disabled

Cara Mematikan Superfetch di Windows 10 (5)

Dengan begitu maka service Superfetch akan berhenti. That’s it!

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.