Di Windows, kamu bisa mengakses Windows Features untuk mengaktifkan/mematikan fitur yang ada seperti Net Framework 3.5, Hyper-V, WSL, Dll.

Untuk mengakses Windows Feature sendiri bisa kamu lakukan dengan cara membuka Control Panel > Program > Turn Windows feature on or off.

Namun artikel kali ini akan menunjukan kamu bagaimana cara mematikan Windows Feature dengan menggunakan PowerShell.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mematikan Windows Feature dengan PowerShell

  1. Buka PowerShell as Administrator.
  2. Masukan perintah Get-WindowsOptionalFeature -Online untuk menampilkan semua daftar Windows Feature yang ada berserta statusnya (Enabled atau Disabled).
  3. Ketikan perintah berserta nama fitur yang kamu ingin matikan. Misalnya saja jika ingin mematikan TelnetClient, maka peritah yang digunakan adalah Disable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName “TelnetClient.
  4. Tunggu prosesnya hingga 100%, jika sudah restart PC untuk memastikan fitur bisa bekerja sepenuhnya. Namun jika hasil output memberikan keterangan bahwa tidak perlu restart, maka kamu tidak perlu melakukannya.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu bisa mengetikan kembali perintah pada langkah ke-2 untuk memastikan apakah fitur terkait sudah aktif atau belum.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.