Semenjak era Start Screen pada Windows 8, Microsoft menambahkan opsi menu baru yang bisa kamu akses dengan shortcut Win + X atau klik kanan pada logo Windows di taskbar.

Hingga Windows 10, menu Win + X masih tetap tersedia. Menu-menu ini berisikan tool yang berhubungan dengan sistem seperti Device Manager, Disk Management, Command Prompt, dll.

Sayangnya menu-menu ini tidak dapat dikostumisasi sesuai keinginan, tetapi kamu masih bisa mengatur tata letaknya jika ingin.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mengatur Tata Letak Menu Win + X di Windows 10

Menu-menu pada Win + X dibagi menjadi tiga grup yang dipisahkan oleh garis.

Setiap grup disimpan pada folder yang berbeda, jadi pada dasarnya kamu hanya perlu memindahkan pengaturan dari satu folder ke folder lain.

  1. Buka File Explorer.
  2. Masukan path folder berikut %LocalAppdata%\Microsoft\Windows\WinX pada kolom path.
  3. Terhadap tiga folder (Group1, Group2, dan Group3) sesuai dengan angka yang diberikan pada gambar diatas. Pilih salah satu folder sesuai keinginan.
  4. Cut (CTRL + X) untuk memindahkan salah satu pengaturan ke folder lain. Misalnya saja disini saya akan memindahkan pengaturan Power Options pada folder Group3 ke Group1.
  5. Restart Explorer.
  6. Done.

Setelah proses selesai, maka pengaturan Power Options akan berpindah ke group 1.

Sisanya kamu dapat bereksperimen dalam mengatur tata letak sesuai kebutuhan.

  Emang Sebagus Apa Sih vivo X50..?? 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.