Sumber : Microsoft

Yeaaaa akhirnya Microsoft telah merilis Windows Subsystem For Linux 2 atau biasa dikenal dengan WSL2 kepada pengguna Windows 10, meskipun begitu, masih lama bagi pengguna umum untuk menggunakan fitur baru ini.

Windows Subsystem For Linux 2 ini, diintegrasikan kedalam Windows 10 Build 18917 terbaru, WSL 2 ini datang dengan peningkatan kinerja yang bisa dikatakan besar, Selain itu Microsoft pun menganjurkan menyimpan file linux di Root File System.

“Kami memahami bahwa kita telah menghabiskan tiga tahun memberitahu pengguna untuk menempatkan file ke drive C ketika menggunakan WSL 1, tetapi hal ini tidak terjadi di WSL 2. Untuk menikmati akses sistem file lebih cepat di WSL 2 file-file ini harus disimpan didalam Root File System, Kami juga telah memungkinkan Windows apps untuk bisa mengakses Root File System,” kata Craig Loewen, Manager Program Pengembang Windows Platform.

Selain itu, build awal ini mengharuskan pengguna untuk mengakses aplikasi jaringan linux dengan Alamat IP dinamis, seperti localhost namun dukungan ini masih dalam proses pengerjaan dan tentunya akan menjadi bagian dari pembaruan di masa mendatang.

WSL 2 ini diumumkan awal tahun ini pada Build developer conference, dan akan bekerja bersamaan dengan versi pertama WSL pada perangkat Windows 10. Microsoft mengatakan tujuannya adalah untuk terus meningkatkan pengalaman dengan WSL generasi baru ini hadir dari bantuan dari umpan balik pengguna, dan ini adalah alasan Microsoft merilis build ini begitu awal sebagai bagian dari program Windows Insider.

Lalu kapan WSL 2 akan dirilis ke pengguna Umum? berdasarkan Rumor WSL 2 diharapkan akan hadir untuk semua pengguna di musim gugur tahun ini bersamaan dengan perilisan Windows 10 19H2, namun tentunya ini masih hanya rumor saja. Bisa saja Microsoft merilisnya ke Windows 10 20H1 tahun depan.

Berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah? Apakah kamu para insider sudah update?

Via : News Softpedia, Microsoft

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.