Home PC Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10

Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10

Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10 (1)

Dengan kamu membatasi penggunaan ruang penyimpanan pada sebuah partisi, maka kamu bisa mendapatkan warning / peringatan jika ukuran partisi telah mencapai batas tertentu, karena biasanya tanpa sadar kita terus saja mengisi partisi di PC sampai akhirnya kepenuhan.

Windows sendiri memiliki fitur dimana kamu bisa memberikan batas kuota dalam penggunaan suatu partisi, sehingga partisi tersebut tidak akan kepenuhan hingga tersisi 100% (karena itu tentunya akan membuat kinerja partisi menjadi melambat).

Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10

  1. Navigasi ke This PC pada File Explorer (Win + E).
  2. Klik kanan pada partisi yang ingin dibatasi lalu pilih Properties.Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10 (1)
  3. Kemudian navigasi ke tab Quota lalu pilih Show Quota Settings (jika muncul UAC, klik Yes).Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10 (2)
  4. Beri tanda centang pada opsi Enable quota management lalu pilih opsi Limit disk space. Selanjutnya kamu hanya perlu memasukan batasan ukuran serta peringatan ketika sudah mencapai ukuran tertentu, kamu juga bisa menentukan dalam ukuran KB (Kilobyte) hingga EB (Exabyte).
    Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10 (3)Sebagai tambahan, kamu juga bisa memberikan tanda centang pada opsi Deny disk space to users exceeding quota limit jika ingin melarang pengguna untuk menggunakan partisi tersebut jika sudah melewati kuota. Serta dua opsi paling bawah jika ingin mencatatnya dalam log. Jika sudah klik OK.
  5. Akan muncul jendela peringatan, klik OK untuk melanjutkan proses.Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10 (4)
  6. Terakhir akan muncul jendela peringatan lagi untuk rekapitulasi pemberian kuota yang diinginkan, jika dirasa sudah benar klik OK untuk mengakhiri proses.Cara Membatasi Kuota Partisi di Windows 10 (5)

Untuk mematikan fitur kuota ini, cukup dengan menghilangkan tanda centang pada opsi Enable quota management.

Nah itulah cara membatasi penggunaan kuota partisi di Windows 10. Cara ini bakal sangat bermanfaat bagi kamu yang tidak ingin performa PC nya turun akibat tanpa sadar data di hardisk sudah kepenuhan.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.