Untuk membuat bootable, biasanya kita menggunakan aplikasi Rufus kemudian membuat bootable OS yang akan kita install selanjutnya. Tidak salah sih, namun jika ukuran flashdrive cukup besar (misalkan 32 GB atau diatasnya) akan lebih baik rasanya jika kita menjadikan flashdrive tersebut sebagai media installasi banyak OS sekaligus, entah itu Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Linux.

Memang bisa?, jawabannya bisa, dan kali ini kita akan mencoba hal tersebut dengan menjadikan Flashdrive Sandisk yang saya miliki menjadi media instalasi tiga OS berbeda (Windows 10 LTSB 2016, Windows 10 21H1, dan Elementary OS), disini kita akan menggunakan sebuah tool bernama Ventoy, dan berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama siapkan dulu flashdrive yang akan kita jadikan kelinci percobaan.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu download tool Ventoy pada halaman GitHub berikut, jangan lupa kamu Extract file yang kamu download barusan.

Langkah 3. Selanjutnya, silahkan kamu masukkan flashdrive kamu, dan buka aplikasi Ventoy2Disk.exe.

Catatan penting, pastikan bahwa flashdrive kamu kosong dengan tidak ada data penting didalamnya, kenapa? karena setelah langkah 4, kamu akan kehilangan seluruh data yang ada didalam flashdrive kamu.

Langkah 4. Selanjutnya, pada aplikasi Ventoy2Disk, silahkan kamu pilih Flashdrive yang kamu masukkan ke Laptop atau PC kamu sebelumnya. Jika sudah, silahkan klik Install.

Klik Yes untuk melanjutkan.

Klik Yes lagi.

Kemudian silahkan kamu tunggu loading hingga selesai.

Klik OK, dan lanjutkan ke langkah 5.

Langkah 5. Selanjutnya, silahkan kamu copy file ISO dari OS yang akan kamu jadikan bootable pada flashdrive tersebut, disini saya akan memasukkan Windows 10 LTSB 2016, Windows 10 21H1, dan Elementary OS.

Jika proses copy sudah selelesai, silahkan kamu coba boot ke flash drive tersebut, nanti kamu akan melihat opsi Instalasi dan Bootable OS yang telah kamu masukkan sebelumnya.

SIlahkan deh kamu coba guys, dan menurut saya Ventoy ini adalah solusi terbaik dan termudah untuk menjadikan flashdrive kamu menjadi media instalasi banyak OS sekaligus. jika kamu ada opsi lain, jangan sungkan untuk komen dibawah guys.

Semoga bermanfaat.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.