Sebagian besar komputer saat ini memiliki fitur yang bernama Secure Boot. Fitur ini berfungsi untuk mencegah komputer dari firmware atau sistem operasi yang tidak diketahui oleh Microsoft, jadi fitur ini dapat melindungi kamu dari malware atau program sejenis yang menyerang melalui proses booting.

Tetapi pada kasus tertentu, kamu mungkin perlu mematikan Secure Boot. Misalnya saja jika ingin installasi sistem operasi Linux, yang mana tidak diketahui oleh Microsoft. Maka mematikan Secure Boot perlu dilakukan supaya komputer bisa boot ke installasi Linux.

Mematikan Secure Boot di Windows 10

  1. Boot ke BIOS, kamu bisa masuk ke BIOS saat melakukan proses booting (dengan menekan tombol tertentu sesuai dengan brand yang kamu miliki saat boot) atau melalui opsi UEFI Firmware Settings di WinRE.
  2. *Masuk ke pengaturan Security.
  3. *Buka menu Secure Boot.
  4. *Buka opsi Secure Boot Control dan pilih opsi Disabled.
  5. Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan.

*Setiap brand memiliki tata letak menu yang berbeda-beda, jadi mungkin akan terdapat perbedaan.

Untuk mengaktifkan kembali Secure Boot, kamu bisa melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti opsi menjadi Enabled.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.