Konfigurasi favorit saya untuk Opera dan Microsoft Edge Chromium adalah membuatnya terlihat seminimalis mungkin, salah satunya adalah membuat halaman New Tab benar benar Blank tanpa adanya konten apapun didalamnya.

Misalkan saja halaman New Tab Opera, ketika browser dibuka akan tampil halaman New Tab yang benar benar kosong dan terlihat minimalis seperti gambar berikut.

Karena saya juga menggunakan Edge Chromium, tentunya saya ingin juga menerapkan hal yang sama pada browser ini, namun sayangnya pada halaman Settings tidak ada opsi untuk menghilangkan logo Microsoft dan Search Bar.

Untuk mengakali hal tersebut, kita bisa menginstal sebuah extensions yang bernama ‘Blank Tab‘ yang bisa kamu download pada halaman Microsoft Edge Add On berikut.

Setelah kamu mendownload Extensi, secara default pada Edge Chromium 81, extensi belum diaktifkan, sehingga kamu harus masuk kehalaman ‘edge://extensions/‘ terlebih dahulu untuk mengaktifkannya.

Setelah extensi diaktifkan, ketika membuka halaman New Tab kita akan diperlihatkan dengan kondisi New Tab yang benar benar blank tanpa ada konten didalamnya.

Nah bagaimana mudah sekali kan, kini halaman New Tab Microsoft Edge Chromium tampak terlihat lebih minimalis tanpa adanya konten yang mungkin jarang juga diperhatikan.

Desktop Windows 10 1909 + Edge Chromium

Jika kamu tertarik silahkan kamu coba, semoga berhasil dan semoga juga bermanfaat. 👌

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.